• Sekar Arum

5 Plant Based Creator untuk dikepoin!


Ada yang masih asing dengan istilah Plant Based? Plant Based adalah pola makan seseorang yang hanya mengonsumsi bahan makanan berbasis nabati. Ada beberapa jenis pola makan yang termasuk dalam pola makan plant-based ini. Di antaranya adalah vegan dan vegetarian. Vegetarian merupakan pola makan di mana seseorang tidak makan daging dan tidak mengonsumsi segala jenis produk hewani. Sementara vegan pada dasarnya serupa dengan vegetarian, namun mereka tidak mengonsumsi produk turunan hewani seperti telur dan olahan susu semacam keju, yoghurt, mentega, dan lain-lain sama sekali. Selain itu, kini ada pula pola makan yang disebut flexitarian. Flextitarian adalah pola makan yang secara perlahan bertransisi ke pola makan berbasis nabati. Flexitarian menambah makanan berbasis nabati dan mengurangi porsi protein hewani.


Tren plant based saat ini semakin meningkat nih, karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh bagi kesehatan dan lingkungan. Bagi Lingkungan tren palnt based ini dapat mengurangi tingkat cemaran gas metana yang dihasilkan dari kegiatan peternakan. Gas Metana merupakan salah satu jenis gas yang menjadi penyebab global warming. Sebuah fun fact sahabat, kalau ternyata gas metana yang dihasilkan oleh peternakan khususnya sapi-sapi jauh lebih besar dibandingkan gas metana yang dihasilkan oleh seluruh mobil di bumi.


Alasan tersebut bisa menjadi pertimbangan kamu untuk beralih ke gaya hidup plant based ini. Jadi untuk mendukung plant based trend ini kita ingin merekomendasikan 5 akun plant based creator yang bisa jadi referensi menu makan nabati kamu agar lebih bervariasi setiap harinya. Selamat melihat dan berlapar-lapar ria hehe. Jangan lupa recook resepnya dan tag Cleanomic yaaa!


1. chez.jorge

Pemilik akun chez.jorge adalah seorang pemuda bernama lengkap George Lee. Ia saat ini bertempat tinggal di Taipei, Taiwan. Di halaman instagram pribadinya ia fokus membagikan konten mengenai plant based food and culture. Pada tahun 2019 ia mendapatkan kesempatan kursus atau pelatihan kuliner dasar-dasar masakan Prancis di Le Cordon Bleu, Paris. Gorge menyebutkan bahwa ia tak suka darah yang keluar pada saat proses pemotongan hewan, hal itu menyebabkan ia jarang sekali memasak daging dan lebih suka memasak dari bahan nabati. Setelah lulus dari Le Cordon Bleu , George melanjutkan studinya di University of California, Berkeley, dengan jurusan Biochemistry dan berencana akan meneruskan studi di bidang Food Technology. Pada Maret 2020 ketika terjadi pandemi, ia memulai pembuatan konten memasak di laman instagram chez.jorge dan mulai bereksperimen dengan hidangan nabati, khususnya hidangan Taiwan versi nabati meskipun ia belum sepenuhnya vegan. Nah, kalau kalian seorang vegan dan suka dengan hidangan Taiwan, melihat resep-resep dari George adalah pilihan yang tepat. Seluruh resep makanan George bisa kamu lihat di instagram maupun website miliknya di link berikut https://chejorge.com/links/ . Selamat memasak!


2. maxlamanna

Max La Manna adalah low-waste chef, penulis, pemenang penghargaan, dan pembawa acara untuk acara makanan BBC Earth. Buku masaknya yang berjudul Max More Plants Less Waste dianugerahi sebagai Most Sustainable Cookbook pada tahun 2020 oleh Gourmand. More Plants Less Waste berisi tentang resep mudah dan menggugah selera yang memanfaatkan seluruh bahan, tips dan trik untuk menghilangkan limbah makanan dan limbah plastik di dapurmu serta menghemat uang untuk memasak. Dalam 3 tahun, Max telah memikat lebih dari 500 ribu pecinta kuliner yang bersemangat dan terlibat dalam penghematan makanan di seluruh platform media sosialnya. Konten resepnya dan acara makanan BBC Earth telah dibagikan dan dilihat oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Di halaman instagram, yotube, tik-tok dan di website miliknya https://www.maxlamanna.com/ Max menyajikan resep mudah memasak makanan berbasis nabati dengan sisa limbah hampir nol.


3. thefoodietakesflight

Jeeca adalah seseorang dibalik akun instagram thefoodietakesflight. Jeeca saat ini berusia 23 tahun dan rutin membagikan konten berupa resep-resep makanan yang berasal dari produk nabati. Jeeca menyebutkan resep makanan yang ia masak terinspirasi dari masa kecilnya, dari hasilnya bertraveler dan banyak lagi lainnya. Ia juga merupakan seorang penulis buku memasak atau cookbook, di bulan Agustus mendatang ia akan launcing cookbook terbarunya yang berjudul "Vegan Asian", kalau kamu tertarik untuk membelinya, cookbook tersebut sudah open preorder lho. Jeeca merupakan perempuan berdarah filipina dan china, sehingga dalam resep makanan yang dibuat banyak mengandung unsur dari kedua negara tersebut. Kamu dapat menemukan ragam resep plant based Jecca di laman instagramnya atau bisa klik link di bawah ini https://beacons.ai/thefoodietakesflight .


4. sovegan

Sovegan juga merupakan akun yang menyediakan berbagai resep makanan mudah untuk membantu para vegan memiliki menu yang bervariasi. Sovegan dikelola oleh sepasang suami istri bernama Ben Pook dan Roxy Pope yang secara rutin memberi resep makanan vegan simpel dan minim ingredients atau bahan. Pasangan suami istri tersebut juga telah menulis cookbook berjudul "So Vegan in 5" dan akan segera launching cookbook terbaru berjudul "One Pot Vegan". Jenis makanan yang dibuat bernuansa Eropa nih, jadi kalau kalian pecinta makanan Eropa wajib follow instagram dan subscribe youtube mereka untuk recreate resepnya! Klik link ini https://linktr.ee/sovegan ya!


5. fitgreenmind

fitgreenmind di kelola oleh seorang gadis berusia 16 tahun bernama Maya yang berasal dari German. Maya memulai akun ini sejak 1.5 tahun yang lalu karena ia ingin membuat vegan food dapat di akses dengan mudah oleh semua orang. Di laman instagramnya kamu bisa menemukan semua jenis vegan sweets, dessert, savory dan lain-lain yang semuanya dikemas dengan mudah dan tentunya sehat. Hampir semua resep makanannya tidak menggunakan gula dan mostly tidak menggunakan minyak lho. Maya juga menjual beberapa produk hand made nya di link berikut https://www.rimoco.de/gewuerze-kraeuter/bio-produkte/mayas-bio-tofu-gewuerz-fitgreenmind , check it out!

33 tampilan1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua