top of page

Gili Eco Trust: Eko Wisata di Gili


Udah mau akhir tahun, saatnya bikin holiday plan! Yay! Minomic mau kasih rekomendasi bisnis ekowisata #cuanlestari lagi nih. Sebenernya ini karena Indonesia punya potensi pariwisata yang gak ada abisnya, baik di laut maupun darat. Sekarang juga udah banyak bisnis-bisnis penyedia layanan wisata yang bikin proyek-proyek kece demi sustainability. Mau tau salah satunya?


Gili Eco Trust, salah satu layanan perjalanan wisata di Gili Trawangan menawarkan sensasi berwisata sambil melakukan hal-hal yang bermanfaat buat lingkungan. Kamu bisa ikut melakukan restorasi terumbu karang dengan media biorock, bersih-bersih sampah di laut sama pantainya juga, nanem pohon, bikin karya dari sampah-sampah yang kekumpul, sekaligus berdonasi karena mereka juga buka fundraising untuk animal welfare, kayak untuk melindungi penyu dari perburuan liar atau mendukung klinik hewan mereka. Sumpah, seruu banget!


Dilansir dari Biorock Indonesia, terumbu karang butuh tempat untuk bertumbuh dan bertahan hidup yang disebut sebagai substrat. Biorock inilah yang jadi substrat agar karang bisa menempel pada saat berkembang biak (spawning/pemijahan). Nantinya, anakan baru akan menempel pada substrat sekaligus tumbuh di situ, selain itu biorock juga bisa dipakai untuk transplantasi koral. Gili Eco Trust mulai memakai panel surya sebagai sumber listrik biorock mereka soalnya diperkirakan dengan itu pertumbuhan karang bisa meningkat sampe 6 kalinya!

Terus selain fokus di pemulihan terumbu karang, Gili Eco Trust juga aktif mengajarkan anak-anak untuk mengenal lingkungan, memilah sampah sekaligus mengolah sampah yang dikumpulin dari laut menjadi barang-barang atau karya seni yang lucuk-lucuk! Melalui pengumpulan sampah juga, masyarakat bisa menyetor sampah-sampahnya ke bank sampah untuk ditukar jadi #cuanlestari.



11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page