• Cleanomic

Izin POM / PIRT, perlu ga sih?


Sekarang ini, kalau kita belanja online, sudah banyak banget brand-brand lokal maupun luar negeri yang menjual berbagai jenis produk kosmetik dan kecantikan. Nah, tapi kita sebagai konsumen dan pelaku usaha, harus sebisa mungkin hati-hati dalam memilih barang dan menjalankan usaha supaya tidak dirudung masalah di kemudian hari. Dalam artikel ini, kami ingin membahas sedikit tentang perizinan yang harus dipenuhi untuk produk kosmetik yaitu izin BPOM.


Apa sih BPOM itu?


Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan. Tugas utama dari lembaga ini yaitu untuk mengawasi seluruh peredaran obat-obatan dan makanan yang ada di seluruh wilayah Indonesia dan juga memastikan seluruh produk sudah aman untuk dikonsumsi, dan tidak merugikan konsumen.


Apa aja sih jenis izin dari BPOM dan barang dagangan apa aja yang harus punya izin dari BPOM?


Semua obat-obatan, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan, produk-produk ini harus memiliki izin edar dari BPOM. Sebagai catatan, seluruh varian produk sabun, shampo, lotion, dan personal care merupakan golongan kosmetik yah karena produk ini dipakai untuk tubuh kita.


Emang wajib yah? Kalau ga punya gimana?


Pasal pelanggaran yang bisa dikenakan bisa bervariatif, tapi salah satu yang paling sering digunakan adalah Pasal 8 jo. Pasal 62 UU Perlindunggan Konsumen yang berisi bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang yang tidak memenuhi standard yang dipersyaratkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan dan sanksinya adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau pidana denda paling banyak Rp 2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah).


Btw, BPOM itu aktif melakukan razia dan pengawasan lho, mereka kalau razia beneran kaya razia narkoba .


Ini contoh kasusnya:


via Repulika.co.id


Kenapa izin ini penting?


Selain demi taat peraturan, pada kenyataannya ternyata banyak produk tanpa izin yang ditemukan di lapangan oleh BPOM itu mengandung zat-zat yang bahaya untuk tubuh manusia. Ngeri banget deh!

Terus gimana dong kalau mau mulai dagang skin care tapi modal terbatas?


Salah satu alternatif yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis skin care atau kosmetik adalah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah terdaftar di BPOM, atau yang sering disebut juga maklon atau white labelling. Perusahaan ini sudah punya fasilitas produksi yang sesuai standard dan sudah paham banget requirement-nya dari BPOM seperti apa. Mereka biasanya juga bisa bantu pengurusan izin kamu. Kalau kamu punya formula khusus, kamu bisa juga mendevelop bersama perusahaan ini. Kalau khawatir soal rahasia resep kamu, kamu bisa coba akali dengan perjanjian kerahasiaan dengan pihak mereka.


Contoh perusahaan yang bisa bantu bisnis skin care kamu antara lain ada Yagi Natural dan Leaf Juice.


***

Sebagai konsumen, kita juga harus mendukung brand-brand favorit kita untuk taat peraturan supaya bisnis mereka bisa sustainable. Karena sayang banget, sebagus apapun kemasan, packaging, dan misi #cuanlestari nya, kalau sudah bicara peraturan tetap harus dipenuhi.


Untuk info lengkap soal ini, kamu bisa follow akun social medianya BPOM yah:


23 tampilan0 komentar