top of page

Koalisi Ekonomi Membumi: Gerakan Bersama untuk Mendorong Investasi Berkelanjutan di Indonesia

Diperbarui: 8 Des 2023


Koalisi Ekonomi Membumi (KEM) adalah sebuah gerakan bersama yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekosistem investasi berkelanjutan untuk bisnis skala besar dan UMKM di Indonesia yang mengutamakan kearifan lokal Indonesia melalui kolaborasi multisektoral, multinasional, dan multistakeholder.


#EkonomiMembumi merupakan ekonomi kerakyatan yang mengutamakan pada batas-batas alam, terdapat 3 prinsip utama yakni

  1. Adil dan merata, dari masyrakat lokal untuk masyarakat lokal

  2. Kelestarian dan kearifan lokal

  3. Melestarikan alam

Koalisi Ekonomi Membumi memiliki target di tahun 2026 untuk menyalurkan setidaknya 200 juta USD, untuk 100 daerah yang berkomitmen melalui 100 rantai pasok pada komoditas yang sudah ditargetkan.


Untuk mengembangkan bisnis berkelanjutan, membutuhkan ekosistem pendukung yang memadai dimulai jejaring rantai pasok, pembeli, pendanaan, peningkatan kapasitas, dan perbaikan tata kelola.

Melalui kolaborasi Multipihak antara Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian PPN/Bappenas, Smesco Indonesia, KADIN, dan Koalisi Ekonomi Membumi, Platform ini memiliki tujuan mengumpulkan produk-produk yang dihasilkan oleh usaha tani, kuliner, dan seni yang berlandaskan identitas bangsa dan dapat membawa Indonesia ke ESG Investment Ready (dengan parameter yang sesuai Indonesia, termasuk kearifan lokal) melalui badan usaha mayarakat yang mengusung lokalitas. Saat ini KEM memiliki 35 Anggota Mitra Pembangun.


KEM memberikan kesempatan untuk para pelaku usaha terutama bagi pelaku usaha Mikro & Ultra Mikro lokal untuk dapat berjejaring dan mendapatkan dukungan lebih agar dapat usaha mereka dapat bertumbuh dan berkembang.


Bisnis-bisnis yang telah diakurasi baik oleh Koalisi Ekonomi Membumi sesuai draft panduan investasi lestari dapat terhubung dengan para anggota mitra anggota dan komunitas investasi berkelanjutan, sudah banyak Bisnis yang terjaring dalam KEM, seperti :


1. Nasi Peda Pelangi

Bisnis warung yang dirintis oleh bisnis warung yang dirintis oleh Mba Nadya sejak tahun 2018. tidak hanya bisnis makanan rumahan, Nasi Peda Pelangi memiliki misi gotong royong, dengan membeli #Berasbasik dari petani yang menanam beras tanpa menggunakan bahan kimia, selain itu mereka juga mengkampanyekan #BerasBaikMovement demi mensejahterakan kehidupan petani di Indonesia dan memulihkan tanah dan air di Indonesia.

2. Good Vibes


Merupakan merk produk perawatan natural berbasis aroma terapeutik bebas obat, dalam pembuatan produknya mereka menggunakan bahan baku natural yang bersertifikat Ecocert. Good Vibes dirintis oleh Gina Priadini pada tahun 2022, menerapkan pendekatan berkelanjutan dari segi sosial, ekonomi, dan lingkungan.


3. Kang Duren

Merupakan startup yang didirikan pada tahun 2019 oleh Dzulfikri Putra Malawi berfokus pada pembangunan ekosistem dan memajukan para petani durian. tidak hanya berjualan mereka juga memberikan edukasi kepada petani dan pedagang tentang pengendalian mutu, pengelolaan finansial hingga brand story telling dengan cara menciptakan ekosistem gotong royong agar semua pihak turut berkontribusi secara berkelanjutan.

Bisnis diatas merupakan sebagian dari banyaknya bisnis yang telah terakurasi oleh Koalisi Ekonomi Membumi untuk lengkapnya kalian bisa klik link disini


Koalisi Ekonomi Membumi memiliki 5 fungsi kerja utama yang dimana hal ini terbagi dalam 5 tim kerja

1. Advocacy

Tim kerja ini mendorong Peraturan Perundang-undangan di daerah sehingga dapat menciptakan daerah yang siap membangun, pembangunan berkelanjutan di daerah.


2. FUNDRAISING AND INVESTMENT

Mencocokkan dan menyelaraskan investor dan pemain ekosistem, memetakan jalur bisnis, dan menemukan sumber pendanaan potensial untuk mendukung gerakan koalisi.

3. ENABLER AND PIPELINE

Memetakan modul pembelajaran yang sesuai untuk pelaku ekosistem, peningkatan kapasitas dan pemetaan komoditas dan pelaku usaha potensial.


4. COMMUNICATION

Membangun komunitas dengan melibatkan media untuk menyampaikan hal-hal positif tentang inisiatif koalisi.


5. IMPACT MONITORING AND EVALUATION

Mengembangkan pemantauan dampak dan pembelajaran terukur berdasarkan pilar Ekonomi, Sosial, Lingkungan Hidup, dan Tata Kelola.


Koalisi Ekonomi membumi merupakan langkah maju menuju ekonomi yang tidak hanya berkembang secara ekonomi tetapi juga berkelanjutan dan inklusif. Dengan komitmen bersama untuk menjaga keseimbangan antara sosial, ekonomi dan lingkungan, Indonesia dapat mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan untuk masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program/kegiatan apa aja sih yang dilakukan kalian bisa cek instagram Koalisi Ekonomi Membumi ataupun website mereka.


Sumber :


82 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page