• Cleanomic

Sampah Antariksa dan dampaknya bagi generasi mendatang


Baru-baru ini ada pemberitaan di media tentang jatuhnya sampah antariksa di daerah Kalimantan dan pas banget salah satu temen kami Andrew posting foto ini di IG dan langsung aja kami ajak untuk ngobrol-ngobrol soal Sampah Antariksa di #CleanomicRadio



Kenalan dulu dong


Halo, gue Andrew, dulu satu sekolah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia bareng Denia dan dulu pas S1 gue belajar hukum Udara dan pas S2 ngambil studi Hukum Antariksa di Universitas Keio, Tokyo dan kebetulan tesis gue bahas tentang sampah antariksa dan kaitannya hukum lingkungan internasional.


Apa sih Sampah Antariksa ini?

Semua benda buatan manusia yang mengorbit bumi namun tidak memiliki fungsi lagi, misalnya satelit atau roket bekas yang udah gak kepake lagi. Sampah ini bisa terjadi karena sengaja atau tidak sengaja, contoh yang disengaja adalah misalnya ada negara yang menghancurkan suatu satelit karena sudah ga dipakai lagi, sedangkan yang tidak sengaja tuh misalnya sampah yang tercipta karena hasil tubrukan sampah-sampah lain sehingga bentuknya semakin kecil dan menjadi serpihan, hingga akhirnya jumlahnya semakin banyak.

via republika.co.id

Dampaknya sampah antariksa ini apa aja?

Macem-macem, sampah ini bisa mengganggu peluncuran satelit atau nabrak satelit yang sedang mengorbit bumi atau bahkan jatoh ke bumi. Sampah antariksa itu ada yang gede-gede ada yang kecil, yang gede ga usah ditanya lagi yah, karena liat contohnya yang jatoh baru-baru ini di Indonesia. Sampah yang kecil-kecil ini juga bahaya karena kalau di antariksa sampah kecil ini punya energi yang besar seperti mobil yang kecepatannya 100 km/jam.


via tirto.id

Apa sih mitigasi yang dilakukan masyarakat dunia untuk mengatasi masalah ini?

Di lingkungan internasional, ada badan PBB yang namanya the Committee on the Peaceful Uses of Outer Space (COPUOS) dan mereka bikin space debris mitigation guidelines untuk setiap negara yang mau meluncurkan wahana antariksa, tapi ini masih sifatnya guidelines dan ga mengikat.

Buat netizen yang ingin tau lebih banyak soal masalah ini, bisa cari info kemana yah dan apa sih kira-kira kontribusi yang bisa kita lakukan?

Kita bisa secara aktif memantau pemerintah Indonesia agar mematuhi guideline ini, apalagi Indonesia punya rencana untuk buat Badan Antariksa di Indonesia Timur dan kedepannya aktivitas antariksa kita pasti makin banyak. Anak muda Indonesia juga bisa gabung dan aktif di organisasi yang namanya https://spacegeneration.org/ yang memang wadah di bawah COPUOUS khusus untuk anak-anak muda yang tertarik dengan isu ini.


169 tampilan1 komentar