top of page
about.jpg

aboutus

Cleanomic, singkatan dari Clean Economic, adalah perusahaan multi-platform creator berbasis riset yang menceritakan berbagai inisiatif #cuanlestari dan #hiduplestari di Indonesia. 

Melalui platform ini, kami ingin mengumpulkan berbagai konten seputar startup hijau, impact investor, kampanye berkelanjutan, para visioner dan penggerak lingkungan.  

Misi kami adalah untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar menjadi konsumen bijak yang mendukung perekonomian hijau dan berkelanjutan di Indonesia.  Dengan gotong-royong, kami yakin kita bisa menciptakan ekonomi yang berkelanjutan dan menjaga kelestarian lingkungan!

Pertama, apa sih #CuanLestari?

 

Simpelnya ya #cuan dan #lestari.

 

Manusia adalah makhluk ekonomi yang akan terus bergantung pada kegiatan ekonomi selama kita belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan kita secara mandiri, dan pastinya, kegiatan ekonomi berorientasi pada cuan. Tapi tentunya cuan bukan satu-satunya aspek dalam hidup, manusia dan kegiatan ekonomi ini juga butuh lingkungan yang sehat dan berfungsi dengan baik.

 

Jadi, kalau bisa ditarik kesimpulan, #cuanlestari adalah inisiatif dan/atau kegiatan yang memiliki tema ekonomi alias usaha mencari profit yang secara bersamaan juga berupaya menjaga kelestarian lingkungan. 

Kedua, bisnis atau inisiatif #cuanlestari itu seperti apa?

Berikut beberapa referensinya:

  • Harvard Business School mendefinisikan sustainability dalam bisnis sebagai "kegiatan berbisnis yang menghasilkan dampak negatif secara minim bagi lingkungan, komunitas, serta masyarakat secara keseluruhan."

  • Panduan Investasi Lestari dari Kementerian Investasi/BKPM dan Koalisi Ekonomi Membumi menyebutkan bahwa bisnis lestari adalah usaha yang senantiasa melakukan transformasi berkelanjutan dengan pertimbangan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola/LST (Environmental, Social, and Governance/ESG) yang baik, sehingga dapat menciptakan dampak positif terhadap lingkungan hidup (pendekatan ekologis) dan kesejahteraan masyarakat (pendekatan inklusif). Jadi, kegiatan usaha ini perlu strategi yang mengupayakan transformasi berkelanjutan di seluruh rantai nilai bisnis dengan pertimbangan LST yang baik, dan tetap menjamin adanya cuan yang oke pula!

  • Prinsip #cuanlestari juga ada di UU 3/2014 tentang Perindustrian. UU ini mendefinisikan industri hijau sebagai industri yang dalam proses produksinya mengutamakan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Kalau Cleanomic bisa simpulkan dari definisi-definisi di atas, bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang memperhatikan setidak-tidaknya tiga unsur, yaitu ekonomi, lingkungan dan sosial.  Unsur penting lain dari bisnis #cuanlestari adalah tracking, monitoring dan evaluating. Namun, kami menyadari masih banyak pelaku usaha terutama UMKM yang belum memiliki kapasitas untuk melakukan hal ini.

Ketiga, bagaimana kami mengkurasi bisnis atau inisiatif #cuanlestari?

kami ingin mengapresiasi usaha-usaha yang menerapkan prinsip keberlanjutan dan juga memberikan solusi atas isu lingkungan dan juga sosial.  Cleanomic tidak berusaha mencari bisnis yang paling sirkular atau melakukan verifikasi bahwa aksi yang dilakukan suatu pelaku usaha sudah mengimpasi dampak lingkungannya. Kurasi yang kami lakukan  mencakup kurasi inisiatif apa saja yang sudah dilakukan oleh para aktor #cuanlestari berdasarkan informasi yang dipublikasikan oleh kegiatan usaha masing-masing.

 

Jika ada data atau informasi seputar bisnis #CuanLestari yang dikutip dalam artikel di halaman direktori ini, semuanya bersumber dari sumber primer seperti wawancara langsung dengan bisnis-bisnis #CuanLestari, informasi dari kanal resmi masing-masing bisnis, atau sumber sekunder yaitu outlet media lain yang telah melakukan wawancara dengan bisnis. Sedangkan untuk data-data pelengkap selain seputar profil bisnis #CuanLestari, semuanya dikutip dari lembaga atau institusi yang kredibel serta jurnal dan buku yang telah dipublikasi.

 

Atas dasar pertimbangan kreatif, data-data pelengkap ini ada kemungkinan kami parafrase agar lebih mudah dimengerti tanpa menghilangkan maksud aslinya.

profil denia.jpg

Denia, Founder & CEO

Denia adalah founder sekaligus mimin akun Cleanomic.  Sehari-harinya berprofesi sebagai Corporate Lawyer di Jakarta; dulu tiba-tiba keidean bikin Cleanomic di awal tahun 2018 gegara climate anxiety eh jadi keterusan deh sekarang.  

@deniaisetianti 

WhatsApp Image 2020-11-13 at 12.04.50.jp

Aldy, Editor

Aldy adalah suami-nya Denia yang mau ga mau dipaksa jadi Editor-nya Cleanomic. Selain menyiapkan dan mengedit konten Cleanomic, Aldy juga bertugas untuk mengurus segala urusan kompos di #MinisponsibleHouse karena kebetulan skripsinya dulu juga bahas kompos (pass banget kan!). 

Sehari-harinya Aldy bekerja di Bappenas. 

@aldymard 

bottom of page