top of page

5 Pilihan Notes Book Ramah Lingkungan

Diperbarui: 7 Des 2023



Journaling atau menulis jurnal sudah banyak disebut jadi aktivitas yang berdampak bagus buat kesehatan mental, meningkatkan produktivitas, dan melatih kreativitas kita. Menuangkan pikiran melalui journaling membantu banget buat melepas stres sekaligus bisa jadi panduan biar kita terencana dan tetap on track menjalani kegiatan sehari-hari.


Nah, untuk kamu yang lagi nyari jurnal atau notes book buat mulai kebiasaan journaling, atau yang mau ganti suasana pas nulis, nih Cleanomic rekomendasiin 5 notes book cakep dan kece yang pastinya zero waste!


1. Rubble Book dari Figure Notes

This one jadi kesukaan founder-nya Cleanomic nih! Terbuat dari 100% post consumers fibers, bentuknya cantik banget, pake teknik swiss binding yang bisa dibuka flat, plus kertasnya juga tebel and dotted.


Untuk kertas Rubble Book sendiri ada dua pilihan warna, warna putih dan versi raw-nya (mentah), yang unbleach alias gak diputihkan. Nah kertas versi raw ini lebih ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan dioksin dan bahan kimia lainnya.

2. Recycle Paper Journal dari Palka Kreatif

Belanja produk mereka gak hanya mendukung zero waste tapi juga mendukung pemberdayaan loh. Soalnya, Palka Kreatif mengajak perempuan di sekitarnya untuk membantu dalam proses produksinya.

Kertas daur ulang produksi Palka Kreatif adalah buatan tangan (handmade) yang bahannya dari kertas sisa produksi dan kertas bekas pakai yang dikumpulkan dari penggalangan kertas. Selain kertas bekas, Palka juga nambahin material organik lain seperti potongan batang pohon pisang, jerami, kulit daun bawang, bebungaan, biji-bijian dan olahan tepung ketela. Untuk pewarnaan, Palka memastikan kalau mereka pakai pewarna alami yang gak merusak lingkungan. Jurnal produksi Palka dijilid kepang dengan metode Coptic sehingga kuat tapi juga fleksibel. Gak perlu takut awur-awuran deh kertasnya!


3. Bengok Book dari Bengok Craft


Bengok Craft merupakan usaha penghasil kerajinan yang 100% terbuat dari eceng gondok. Pengolahan eceng gondok menjadi kerajinan yang punya nilai jual lebih tinggi gak hanya mengatasi masalah kerusakan biota air akibat pertumbuhan eceng gondok yang berlebih, tapi juga jadi jalan pemberdayaan masyarakat. Muda-mudi dan ibu-ibu ikut serta dalam proses produksi berbagai kerajinan Bengok Craft. Nah, salah satu produk Bengok Craft yang banyak diminati adalah Bengok Book-nya.


Ada empat ukuran Bengok Book yang ditawarkan dari ukuran A4-A7. Serupa dengan Palka Kreatif, Bengok Book juga mengadaptasi teknik Coptic dalam penjilidan Bengok Book mereka.

4. Eco-Friendly Notebook dari Stumble Note


Baik kertas maupun cover-nya, 100% terbuat dari recycle paper yang bisa terurai. Seluruh buku dari Stumble Note diproduksi manual yakni proses cutting dan jahitnya dilakukan satu persatu, semua itu dimaksudkan untuk meminimalisir dampak negatif dari otomatisasi produksi.


Oya, di Stumble Note ada yang namanya #BookforCause, ini adalah seri buku dengan latar belakang gerakan kolaboratif bersama usaha atau organisasi lain demi memberikan dukungan pada komunitas.


Seperti saat pandemi lalu, Stumble Note x Aksi Baik dari Rumah menggalang dana melalui seri #BookforCause. Jadi, pendapatan dari setiap penjualan notes book seri #BookforCause sebagian hasilnya akan didonasikan untuk animal shelter yang terdampak pandemi. Keren yah!

5. Recycle Paper & Book dari KertasKertasan


UMKM KertasKertasan menyediakan kertas, note book, serta amplop dengan bahan dasar kertas daur ulang dan diproduksi 100% secara handmade. Ohya, mereka juga sedia jasa kalau mau custom kertas sesuai kebutuhan.


Salah satu jenis produk kertas dari KertasKertasan itu adalah Kertas Benih. Jadi, kalau kalian custom order Kertas Benih untuk membuat selebaran atau undangan misalnya, setelah dipakai, si kertas undangan tersebut bisa ditanam lho! Unik kan?


Nah, untuk note book-nya sendiri baru dirilis tahun 2023 ini, dan memang masih limited edition. Segera deh jadi yang pertama order. Untuk ordernya, sementara ini baru bisa via DM ke instagram KertasKertasan ya!


Nah itu tadi pilihan notes book yang berkonsep ramah lingkungan. Kalau masih ragu buat beli, bisa banget kok bikin DIY Notes⁠ sendiri.


Kamu bisa beli kertas daur ulang dan besinya di marketplace atau di KertasKertasan juga bisa, terus ke tempat fotokopi untuk minta kertasnya dipotong dan dilubangi dan jadi dehhh! Ongkos paling murah, tapi emang butuh effort dikit. Tapi gapapa, jadi bisa bebas berkreasi kan kalau bikin sendiri?



Sumber:

Glints. "Journaling: Definisi, Jenis, Manfaat, dan Hal yang Harus Diperhatikan. glints.com. https://glints.com/id/lowongan/journaling-adalah/

Lindungi Hutan. "Palka Kreatif dan LindungiHutan Menanam 250+ Pohon Mangrove". lindungihutan.com. https://lindungihutan.com/blog/palka-kreatif-menanam-mangrove-di-semarang/

Greeners. "Bengok Craft: Gebrakan Upcycle Eceng Gondok dari Desa Kesongo". greeners.co. https://www.greeners.co/ide-inovasi/bengok-craft/


61 tampilan0 komentar
bottom of page