• Sekar Arum

5 Resep Masakan dari Food Scrap


Setiap hari dirumah, kita selalu menghasilkan sisa bahan makanan di tong sampah kita, yang tanpa kita sadari ternyata kita ikutan nyumbang food waste di Indonesia 184 kg per orang dalam setahun (Source : Bappanas). Banyak banget kaaan, coba kalo itu dimanfaatin lebih baik, pasti kasus kelaparan dan kekurangan bahan pangan di Indonesia bisa membaik. Secara ekonomi udah merugikan banget, karena banyak makanan terbuang kalau dihitung bisa digunain buat memberi makan 61 juta sampai dengan 125 juta orang.


Sementara kalau dikaitkan sama lingkungan, makanan yang terbuang bisa menghasilkan 1,73 giga ton CO2 atau rata-rata 7 persen dari total emisi GRK Indonesia dalam setahun. Ngeri banget yaa. Makanya kita mau ngajak kalian buat berusaha memaksimalkan sebaik mungkin bahan makanan yang kita punya dengan resep-resep makanan dari food waste dibawah ini! Dijamin enak dan murahnya deh. Let's go!


1. Watermelon peels Curry (Kari Kulit Semangka)

Udah jadi hal yang biasa dong kalo makan buah semangka kulitnya pasti di buang. Which is ada banyak bagian dari buah semangka ini yang akhirnya jadi food waste. Nah tapiii, ternyata kulit semangka bisa di masak jadi curry loh! Kenapa kok bisa dimasak? Karena buah semangka ya layaknya sayur yang lain kaya wortel, tomat, lobak yang cukup dicuci bersih kulitnya terus bisa dimasak deh. Kulit semangka ini punya tekstur yang kenyal kalau dimasak jadi cocok buat pengganti daging hihi Gimana tuh cara masaknya ? Pertama kamu cukup cuci bersih kuliat semangkanya, potong-potong menjadi bentuk dadu kecil dan ready to cook. Bumbu curry nya tergantung selera kamu, tapi aku ada rekomendasi nih resep curry kulit semangka dari @rootedinspice. Check it out langsung resepnya klik gambar diatas atau bisa langsung klik disini !


Ada tips nih buat kamu yang mau masak curry kulit semangka, kalau kamu pengin tekstur curry yang lebih lembut kamu bisa kupas kulit hijaunya dan pakai bagian yang warna putihnya aja. Curry kulit semangka ini cocok buat dimakan sama nasi atau buat cocol roti, duhh enak banget yaaa less waste Selamat mencobaa!


2. Zero Waste Dumpling

Aduh, siapa yang disini masih ngebuangin bonggol dari sayuran yang kamu masak? Stop sekarang, karena aku mau kasih tau gimana cara manfaatin sisa sayuran jadi makanan yang enak! Namanya no waste dumpling, kalian tau dumpling kan? Makanan yang pakai kulit gyoza dengan isian. Nah kita bakal manfaatin sisa sayuran itu buat jadi isian dari dumpling. Kamu bisa pake sayuran apa aja ya yang sisa dirumah kamu, bisa bonggol brokoli, sawi putih, batang cesyim atau sayuran lain. Sisa sayur itu di cacah halus dan ditaburi garam supaya ngga mudah layu, trus diamkan selama 45 menit. Kasih seasoning sesuai selera kalian dan aduk rata. Setelah itu isiin ke kulit gyozanya dan dumpling siap digoreng dan disajikan. Enak banget buat dicocol sama saos atau kecap asin. Ngga ada lagi deh sisa sayuran yang kebuang! Kamu bisa cek resep lengkapnya disini yaaa.



3. Kaldu bubuk dari kulit dan kepala udang


Kebanyakan orang kalau masak udang pasti kulit dan kepalanya dibuang, padahal semua bagian udang bisa digunain loh. Memanfaatkan bahan makanan sampai titik akhir istilahnya hehe Daging udang bisa kamu masak udang bakar madu, kaldunya dimanfaatin buat sayur sop nah kepala dan kulitnya bisa dibuat jadi kaldu bubuk deh. Caranya cuci bersih kepala dan kulit udang dan tiriskan, ipanggang dengan api kecil sampai garing, yaaa kira kira sekitar 1 jam. Setelah itu blender pakai blender kering tambahin bumbu sesuai selera kamu dan jadi deh kaldu bubuk dari kulit dan kepala udang! So easy ya? Tips buat kamu nih, kalau mau kaldu bubuk versi kering bisa pakai bagian kulitnya aja, bagian kepalanya bisa diolah jadi kaldu bubuk yang agak basah macam terasi. Sama sama enak kok buat bumbu pelengkap pas kamu masak nasi goreng, tumis-tumisan dan sup. Kamu yang punya stok udang dirumah, bisa di coba nih, resep lengkapnya disini!


4. Bolu Kulit Pisang

Masih tentang kulit-kulitan, kali ini aku mau bagiin resep bolu dari kulit pisang. Pisang jadi buah yang paling sering dimakan sama orang-orang karena banyak dijual dimana-mana dan harganya murah. Biasanya kita makan pisang kan cuma isinya doang, kulitnya yang dibuang sembarangan bahkan bisa bikin orang kepeleset heheh Nah daripada dibuang kita bisa manfaatin kulitnya jadi makanan manis yang disukai banyak orang, kue bolu! Untuk buat bolu kulit pisang bahannya sama kaya buat bolu pada umumnya, cuma disini kamu tambahin kulit pisang yang udah di cincang halus ke dalam adonan. Kulit pisang disini fungsinya buat memberi aroma pisang dan ngasih tekstur crunchiness ke kue bolunya. Enak dimakan sambil ngeteh sore nih! Wajib dicoba nih, kalau mau resep lengkapnya bisa klik disini!


5. Veggie scarp seasoning dari Kulit Bawang dan Kulit Wortel

Bumbu dapur kaya bawang merah, bawah putih dan bawang bombay jadi kebutuhan sehari-hari buat masak. Biasanya kita buang aja tuh kulit dari bawangnya. Nah, biar ngga jadi food waste kita bantu kasih resep buat olah kulit bawang-bawangan ini jadi vegan scarp yukk! Setelah masak kumpulin kulit bawang kamu dalam wadah, susun dan panggang di oven sampai kering. Setelah itu remas-remas dan tumbuk atau blender dengan blender kering sampai halus, kasih bumbu penyedap sesuai selera kamu dan jadi deh vegan scarp dari kulit bawang. Vegan scarp ini bisa kamu gunain buat seasoning makanan apa aja biar rasanya lebih gurih! Sedap banget kaaan, no more kulit bawang terbuang deh!


34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua