top of page

5 tips mengurangi sampah

Diperbarui: 13 Des 2023



Hey, podcast di bawah tentang update Cleanomic ini sebenernya sudah di publish di RadioPress sejak bulan puasa, tapi baru sempet di upload disini sekarang hehehe….Pengen cerita sedikit aja tentang perkembangan perjalanan Cleanomic so far dan sharing tips untuk ngurangi sampah.

Semoga bermanfaat yah!



1. Pakai tas kain ketika belanja

Ini pasti sudah sangat lazim dilakukan, apalagi untuk kamu penggiat isu lingkungan, terutama yang aktif mengurangi sampah. Banyak tas kain yang keren sekarang ini. Bila bisa, pilih tas yang tidak menggunakan microfiber atau microplastik, tapi gunakan saja tas dari kain biasa.



2. Tolak penggunaan plastik pembungkus dari penjual

Biasanya ini agak susah, karena tangan-tangan mereka (by system!) sudah langsung akan memasukkan produk yang kamu beli ke dalam kantung plastik. Jadi selain harus berani TOLAK, kamu juga harus tolak dengan CEPAT!


3. Gunakan dan bawa botol minum sendiri


Kurangi penggunaan air minum dalam kemasan, berat sedikit tidak mengapa, yang penting niatnya baik! Bila kamu benar-benar keberatan bawa botol minummu sendiri, setidaknya kamu bawa deh sedotan stainless steel. karena sedotan plastik lebih merugikan lagi daripada botol minuman karena susah di daur ulang. Untuk ini, perlu juga dibiasakan untuk minta kepada pelayannya untuk tidak perlu memberi kamu sedotan.


4. Selangkah lebih menantang daripada aksi-aksi di atas adalah dengan membawa kotak makanan sendiri saat acara-acara tertentu. 

Bukan kotak makanan berisi ya, tapi kotak makanan kosong, untuk bawa sisa makanan pulang. Di acara seperti arisan, atau ulang tahun, atau pertemuan kantor, biasanya ada makanan yang tersisa yang bisa kamu bawa pulang. Supaya tidak pakai kantong plastik, rencanakan dari awal untuk bawa tempat makanan kosong dari rumah.


5. Lebih menantang lagi: tahan diri kamu untuk membeli produk rumah tangga dalam kemasan yang kecil.


Coba beli kemasan yang besar yang ada isi ulangnya. Walaupun sangat terbatas, saat ini sudah mulai muncul juga toko yang hanya jual isi, dan kamu bawa kemasan sendiri.






18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page