• Cleanomic

Aksi Bersama untuk Sanitasi dan Air Minum Aman


Pokja PPAS (Kelompok Kerja Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi) Nasional yang diketuai Direktur Perumahan dan Permukiman, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bekerjasama dengan Cleanomic mengadakan serial kampanye publik bertajuk “Cerita Sanitasi dan Air Minum Aman”. Kampanye publik ini merupakan bagian dari pre-event Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2021 yang mengambil tema besar “Aksi Nyata Membangun Akses Air Minum dan Sanitasi Aman untuk Semua”.


Dalam kampanye publik yang berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober ini, Cleanomic mengadakan serangkaian diskusi online melalui Instagram Live dan Podcast, juga membagikan berbagai konten informatif melibatkan para ahli, influencers, serta pegiat inspiratif. Tujuan dari kampanye ini sendiri adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya air minum dan sanitasi aman, juga mendorong aksi nyata masyarakat dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) untuk menyediakan akses air minum dan sanitasi aman bagi semua.


Menurut data Survey Sosial Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik (Susenas BPS) 2020 yang diolah Bappenas, 90 dari 100 rumah tangga di Indonesia sudah memiliki akses air minum layak (90,2%). Namun berdasarkan Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAM-RT) yang dilakukan Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Bappenas dan WHO di tahun 2020, dari 90 rumah tangga tersebut hanya sekitar 12 rumah tangga saja yang sudah menggunakan sumber air minum aman (11,9%). Juga berdasarkan data olahan Susenas BPS, akses sanitasi layak sudah dimiliki sekitar 80 dari 100 rumah tangga (79,53%) di Indonesia, namun yang memiliki sanitasi aman hanya sebanyak 7 dari 100 rumah tangga (7,64%). Artinya, masih banyak sekali penduduk yang belum terlayani air minum dan sanitasi aman. Akses air minum dan sanitasi aman yang rendah juga berkontribusi terhadap masih rendahnya kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat.


Pencapaian target di sektor air minum dan sanitasi ini merupakan tugas besar, sehingga membutuhkan komitmen, kolaborasi, serta upaya luar biasa dari para pemangku kepentingan serta masyarakat dari semua golongan. Yuk ambil bagian dalam pencapaian target ini dengan bergabung dalam diskusi – diskusi menarik dan informatif!


Cek jadwal diskusi terbaru dan terlengkap di sini atau www.nawasis.org

Jangan lupa untuk follow juga akun Instagram @rumahairminumsanitasi dan @cleanomic untuk mendapatkan info – info menarik lainnya terkait air minum dan sanitasi aman!

34 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua