top of page

Cleanomic Anniversary, 1k Subs on Youtube and Our Book!

Diperbarui: 9 Des 2023


Hari ini ulang tahun Cleanomic yang ketiga lhoooo!!!!! Can you believe that it's been three years already? What a crazy rideee!


Cleanomic berawal dari sebuah akun iseng instagram and toko online kecil-kecilan yang aku bikin untuk belajar dan mempraktekan gaya hidup peduli lingkungan, waktu itu, topik ini belom banyak di bahas di media sosial. Cleanomic memang bukan yang pertama (we never claim to be), but we're so happy that we will not going to be the last. Karena pas banget, tahun berikutnya di 2019, sustainability menjadi kata yang nge-trend dan paling sering di google di Indonesia dan sekarang sustainable brand is almost like the new currency for the younger generation.


Postingan pertama Cleanomic, siapa ayooo yang udah dari awal mampir disini?

Karena banyaknya minat dan dukungan dari temen-temen, Cleanomic dalam waktu singkat langsung bertransformasi menjadi sebuah usaha dibawah PT Cleanomic Jaya Global. Selama tiga tahun ini, tentu banyak ups and down nya. Dari mulai jualan di bazaar sendiri, kenalan sama temen-temen komunitas, mulai jualan b2b dan ngerasain growth company yang exponential, punya kantor sendiri, sampai akhirnya menutup usaha online shop. Kami tetap selalu bersyukur karena keputusan-keputusan tersebut justru membukakan pintu untuk berbagai kolaborasi dengan pihak lainnya dan kami pun dapat fokus menjalankan hal yang kami bener-bener enjoy, yaitu bikin konten.


Setelah menemukan ritme yang pas, kami berdua jauh lebih enjoy mengerjakan kerjaan Cleanomic karena komitmen yang kami ambil bisa disesuaikan dengan pekerjaan harian kami dan rutinitas di rumah dengan anak-anak. Plus, kami jadi punya goal yang cukup spesifik untuk Cleanomic; yaitu, kami ingin bisa lebih fokus dan efisien dalam menggunakan waktu kami dalam pengerjaan konten Cleanomic sehingga kami pun berusaha untuk membangun sistem kolaborasi yang lebih profesional.


Bulan ini, selain ulang tahunnya Cleanomic, kami juga akan launching buku karya aku dan Aldy yang judulnya Hemat Sampah Pangkal Kaya (available for pre-order disini)! Di video ini, kami menceritakan sedikit behind the scene dan proses pembuatan buku selama 1,5 tahun ini. Dari mulai proses book deal, bikin ilustrasinya, cerita proses penulisan dan inspirasi buku ini dan a loooot of sneakpeak from inside the book!


We really hope you like the book, dan oya, yuk ikutan IG Live hari Minggu, 7 Mar 2021, jam 11.00 WIB bareng Atiit and Bukhi untuk ngerayain ulang taun Cleanomic secara virtual. See you there!


74 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page