top of page

Dulang : Startup Pengelolaan Limbah Elektronik



Perkembangan teknologi yang pesat dalam beberapa dekade terakhir telah menyebabkan peningkatan jumlah limbah elektronik, atau e-waste. 


Tanpa kita sadari E-waste memiliki dampak terhadap masalah lingkungan. Untuk mengatasi masalah limbah elektronik, diperlukan upaya yang komprehensif, termasuk daur ulang, pemusnahan yang aman, dan peningkatan kesadaran masyarakat. Isu limbah elektronik mendorong lahirnya startup lokal bernama Dulang.


Dulang merupakan startup baru yang punya misi mengembangkan usaha ekonomi sirkular dengan memperpanjang umur produk elektronik. Karena yang saat ini terjadi bahwa sebagian besar orang barang elektronik ini mau dikemanakan, yang terjadi hanya dibiarkan begitu saja di rumah dan bahkan dibuang gitu aja, dimana hal ini menimbulkan dampak sosial serta dampak lingkungan sangat besar.


Di sisi lain, penyedia jasa perbaikan barang biasanya tidak terkumpul di satu tempat dan tersebar sesuai dengan jenis-jenis barangnya. Dulang ingin menjadi suatu platform yang menyediakan layanan perbaikan untuk berbagai jenis barang sekaligus di satu tempat!



Didirikan oleh Kreshna Rahmat, Dulang memiliki visi yakni planet tanpa limbah elektronik. Sejak tahun 2023, mereka telah memberdayakan ekonomi sirkular dalam teknologi dengan menerapkan Perbaikan dan Penggunaan Kembali barang elektronik. Dulang juga bekerja sama dan memberikan pelatihan untuk tim mekaniknya dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup mereka!


Lalu bagimana Dulang mempermudah penggunaan kembali bagi para konsumennya? Yaitu dengan cara:


1. Perbaikan barang elektronik

Dulang mempermudah konsumen dalam perbaikan barang elektronik, di website dulang.id, konsumen menemukan web app dimana para konsumen bisa melakukan proses prescreening dari perbaikan setelah itu Dulang bakal jemput dan mengantarkan kembali barang elektronik konsumen. Jadi kita sebagai konsumen gak usah jauh-jauh datang ke toko service dan nunggu lama untuk proses perbaikan!


2. Jual Beli Barang Elektronik 

Dulang mempermudah orang-orang maupun pelaku bisnis untuk menjual atau menyumbangkan barang-barang elektronik bekas yang sudah tidak terpakai. kalian bisa cek disini ya!


Potensi limbah elektronik kan berbahaya banget buat lingkungan kalo semakin banyak dan tidak terkelola dengan baik.


Setiap tindakan yang dilakukan, setiap perangkat yang diperbaiki, merupakan bukti kegigihan Dulang dalam memperjuangkan masa depan yang lebih bertanggung jawab dan berwawasan lingkungan. Bersama-sama, Dulang membentuk kembali keusangan yang direncanakan dalam konsumsi digital dan membentuk kembali kehidupan kedua barang elektronik yang rusak, bekas, atau tidak terpakai.


Punya barang elektronik yang gak kepake? yuk langsung cek website atau instagram mereka!


29 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page