top of page

Q&A tentang Zerowaste Part 2

Diperbarui: 11 Des 2023



Cleanomic seneng banget ternyata banyak temen-temen yang ngirim pertanyaan selama ini, lewat DM instagram, lewat kolom komentar, atau melalui email. Beberapa pertanyaan itu belum sempat kejawab semua. Maka dari itu di podcast Q&A session ini akan kita coba jawab beberapa pertanyaan itu yaa.


Ini merupakan episode podcast dari Cleanomic Radio yang ke-4. Dan kali ini Kak Denia, founder Cleanomic yang bakal coba membahas pertanyaan dari temen - temen yang belum sempat dijawab. Beberapa pertanyaannya:


#1 Gimana sih pengiriman barang minim sampah di Cleanomic? 


Proses ini tentunya memakan trial and error yang cukup panjang. Sempat bertemu kurir yang cocok tapi ternyata kurang responsif saat ada masalah, atau ternyata SOP di kantor pusat dan kantor cabang tidak sama. Akhirnya Cleanomic menemukan SiCepat yang sampai saat terakhir Cleanomic beroperasi sebagai marketplace bisa mengakomodir permintaan pengiriman minim sampah ini. 



#2 Bagaimana cara belanja daging tapi minim sampah? 


Dan solusi untuk bulkstore yang masih sedikit? Kamu bisa banget belanja dengan membawa kotak makanan sendiri langsung ke pasar, ataupun supermarket. Sama halnya untuk bulkstore banyak kok kalau kamu mau datang ke pasar tradisional. Beberapa supermarket juga memfasilitasi belanja curah. 


#3 How to start zerowaste 


untuk yang suka makanan instan? Mulainya tentunya bisa dengan pepelan pelan membiasakan makanan sehat, kalau masih belum bisa, sampah makanannya bisa dibuat ecobrick, cara-caranya bisa di-googling aja yaa.


Selain pertanyaan di atas tadi, ada juga pertanyaan tentang penggunaan menstrual cup yang bisa didengar di episode Cleanomic Radio tentang Menstrual Cup.

Yuk, langsung dengerin jawaban selengkapnya di bawah ini!



44 tampilan0 komentar
bottom of page