top of page

Financial Minimalist 101

Diperbarui: 6 Des 2023




Sepertinya banyak di antara kita yang menjalani pekerjaan nine to five, bekerja keras di masa muda, untuk menghasilkan cuan sebanyak-banyaknya. Harapannya, pas tua nanti, kita bisa menjalani hidup yang santai, tinggal menikmati hasil jerih payah kita semasa muda.


Pertanyaannya, apa benar bisa semudah itu? Dengan inflasi yang terjadi hampir setiap tahun, kebutuhan semakin meningkat, sementara penghasilan kita bisa jadi stagnan, segitu-gitu aja. Apa bisa mencapai kebebasan finansial yang kita idamkan?


Kalau kata Warren Buffet, "If you don't find a way to make money while you sleep, you will work until you die."

Terus gimana dong? Kita kan dibayar atas pekerjaan kita, kalau kita tidur atau gak ngapa-ngapain, siapa yang mau membayar kita? Gimana bisa menghasilkan uangnya?


Jawabannya bisa kok. Yap, salah satu cara menghasilkan uang saat tidur adalah dengan kita melakukan investasi. Baik melalui saham, reksadana, atau lainnya dan "biarkan" investasi tersebut bekerja dan menghasilkan passive income untuk kita.


Sebagian dari kita sebenarnya mungkin sudah berpikir mau melakukan investasi, tapi seringkali kita merasa penghasilan kita sudah ngepas untuk kebutuhan dan nggak ada budget untuk berinvestasi. Tapi apa benar begitu? Atau ini hanya karena kita kurang pandai mengelola keuangan (jajan terus), sehingga tanggal 15 aja rasanya dompet udah tipis, hehe.


Kalau ternyata seperti itu, mungkin kita perlu panduan untuk mulai belajar menjadi seorang minimalist. Nah, dari Minomic ada rekomendasi buat kalian yang mau belajar tentang hidup minimalis, bisa dengerin ceritanya @OurRichJourney, sebuah keluarga asal Amerika yang menerapkan gaya hidup minimalis secara finansial sampai akhirnya mereka bisa punya portofolio investasi di mana passive income-nya ini mencukupi untuk mereka pensiun dini.


Intinya sih mindful purchase dan fokus dengan hal-hal yang esensial dalam hidup. Salah satu pesan pentingnya adalah kita harus melatih diri kita agar terbiasa bahagia tanpa harus belanja ini itu, selanjutnya kita juga diajak menerapkan empat prinsip yaitu:


1. Fokuskan pengeluaran untuk hal-hal yang esensial


2. Debt = Clutter. Sebisa mungkin habis kan seluruh hutang-hutang mu. Prioritaskan penghasilanmu untuk melunasi hutang-hutang yang ada, pelan-pelan asal pasti!


3. Live in a smaller home. Rumah yang kecil akan membuat kamu berpikir ulang ketika membeli barang.


4. Apa yang kamu mau belum berarti sama dengan apa yang kamu perlu.


What do you think? Should we discuss this more?


Akses lebih banyak info, berita, dan cerita seputar #cuanlestari dan hidup berkelanjutan lewat website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic ya!



33 tampilan0 komentar
bottom of page