• Cleanomic

Let’s #FreeTheWater!



Memperingati Hari Air Sedunia, tau ga sih kalau ternyata masih ada 25 juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses air minum yang aman?


Di Desa Songan, Balik Bukit, sebuah tempat yang sangat berbeda dari Bali yang kita kenal, kesulitan air dan kekeringan merupakan masalah yang selalu dialami masyarakat yang tinggal disana. Daerahnya sangat kering dan mereka tidak memiliki akses air tanah atau perpipaan, dan sumber air utamanya adalah dengan menampung air hujan. Air hujan hanya turun 3-4 bulan setiap tahunnya, yang kemudian ditampung dan dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari, bahkan banyak dari mereka yang meminum langsung air hujan tersebut tanpa proses sama sekali.


Padahal tempat penampungan air mereka banyak yang tidak layak, kotor dan tidak tertutup dengan rapat. Bahkan beberapa tahun silam daerah ini terserang wabah diare. Bayangkan berapa jenis penyakit lainnya yang bisa menyerang warga Balik Bukit dari mengkonsumsi air yang terkontaminasi?


Biaya air dari penyedia air lokal tergolong mahal dan tidak dapat diandalkan, sedangkan untuk mengambil air ke danau, mereka harus menempuh jarak 8 km, itu pun kualitas airnya juga sudah tercemar. Selama musim kemarau, kebanyakan warga menjadi pengangguran karena tidak bisa mengolah lahan pertanian mereka yang membutuhkan banyak air. Belum lagi pandemi covid-19 yang memperparah keadaan mereka di tahun 2020.


Anak-anak dan lansia menjadi rentan terkena penyakit.


Kenyataannya, pengetahuan warga Desa Songan akan pentingnya air bersih dan sanitasi juga masih sangat rendah. Hampir semua warga mengkonsumsi air dari penampungan air hujan secara langsung tanpa pengolahan lebih lanjut karena alasan waktu dan ekonomi. Akibatnya, tidak sedikit dari warga yang mengalami penyakit diare pada usia balita, ginjal di usia lanjut, atau penyakit lainnya yang berkaitan erat dengan buruknya kualitas air.


Nah, untuk menyambut World Water Day di tanggal 22 Maret ini, Kerja Bakti dan Terra Water bekerja sama dalam sebuah program untuk memberikan akses air minum yang aman untuk 100 keluarga di daerah Balik Bukit, Desa Songan, Bangli, Bali sebagai tahap awal “Songan Water Project.” Kamu juga bisa bantu donasi lho!


Dengan mendonasikan Terra Water, sebuah filter air minum alami yang dapat menyaring air tidak layak minum menjadi air yang aman diminum tanpa listrik atau bahan bakar, kami berharap untuk dapat meningkatkan kesehatan dan meringankan beban ekonomi yang dipikul oleh 100 keluarga di Songan. Mereka tidak perlu lagi minum air mentah yang membuat mereka sakit atau mengeluarkan banyak uang untuk air minum. Dengan kondisi fisik yang lebih sehat, warga pun tidak perlu mengeluarkan biaya kesehatan dan dapat melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka, seperti bekerja, belajar ataupun bermain.


Berikan hadiah kecil bagi keluarga di Desa Songan dengan menyediakan akses air yang aman bagi warga Desa Songan agar mereka bisa lebih sehat dan hidup lebih baik.


Link donasi Kita Bisa: http://bit.ly/SonganWaterProject

Link donasi Internasional: www.terrawaterindonesia.com/donation


Let’s #FreeTheWater!


Website: www.kerja-bakti.org & www.terrawaterindonesia.com

Instagram: www.instagram.com/kerja.bakti & www.instagram.com/terrawaterindonesia


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua