top of page

Manfaatkan Sampah Biji Kurmamu

Diperbarui: 8 Des 2023



Kamu pasti tahu dengan buah yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan, yaitu buah kecintaan Rasulullah, buah kurma. Siapa yang gak kenal kurma? Salah satu jenis buah asal Timur Tengah yang proses budidayanya sudah berhasil dilakukan di Indonesia lho! Seperti yang terletak di Lembah Barbate kawasan Blang Bintang Aceh yang kini lahannya telah mencapai lebih dari 17 hektar. Bahkan banyak pula masyarakat yang berhasil melakukan uji coba penanaman kurma di teras rumah! Hal ini tentu merupakan kabar baik, dimana proses penanaman kurma di Indonesia gak kalah berhasil seperti yang dilakukan oleh negara Turki, Arab dan Thailand.

Membahas kurma yang sering diandalkan sebagai energy booster saat menunaikan ibadah puasa, khasiat yang bisa diperoleh dari buah ini adalah adanya kandungan zat besi, fosfor, kalium, sodium, magnesium, vitamin A, vitamin K, penetral sistem pencernaan, hingga pengurangan resiko kanker usus. Sayangnya, banyak masyarakat kita yang kurang piawai dalam memanfaatkan sisa-sisa biji kurma yang sudah dikonsumsi sehingga berpotensial menjadi sampah.

Walaupun biji kurma merupakan sampah organik yang mudah terurai, biji kurma bisa menjadi benih untuk menanam pohon kurma baru atau bahkan jadi kopi loh.

Indonesia populer sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Vietnam dan Kolombia. Ragam jenisnya pun mampu menciptakan aroma dan rasa yang nikmat, salah satunya seperti kopi luwak. Surprisingly, biji kurma yang sering kita abaikan itu ternyata bisa diolah menjadi minuman sejenis kopi!

Caranya pun simpel, cukup dengan dicuci, lalu dikeringkan di bawah paparan sinar matahari, setelah itu disangrai dan ditumbuk hingga halus seperti bubuk. Tada! Bubuk kopi biji kurma siap diseduh dan dinikmati. Khasiatnya yang didapat pun gak kalah fantastis, mulai dari menurunkan resiko diabetes, penambah asupan energi, melancarkan peredaran darah, menguatkan stamina tubuh hingga mencegah kanker.

Yuk, daripada biji-bijinya dibuang begitu saja hingga menumpuk jadi sampah, lebih baik dimanfaatkan kembali untuk menciptakan #RamadhanBersihSampah versi kamu. Selamat mencoba!


Buat kamu yang tertarik untuk belajar tentang hidup yang berkelanjutan, kamu bisa cek secara berkala pada website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa!



26 tampilan0 komentar

Commentaires


bottom of page