top of page

Pawai Bebas Plastik 2023: Dorong Pemerintah dan Produsen Bertanggung Jawab


Pawai Bebas Plastik kembali digelar pada Minggu, 30 Juli 2023 di area Car Free Day (CFD) Jakarta Pusat. Pawai ini diikuti oleh ratusan organisasi dan komunitas dari seluruh Indonesia yang menyerukan pengurangan penggunaan plastik sekali pakai.


Pawai Bebas Plastik diinisiasi oleh delapan organisasi, yaitu Divers Clean Action, EcoNusa, Indo Relawan, Indonesia Diet Kantong Plastik, Greenpeace, Walhi, Pulau Plastik, dan Pandu Laut Nusantara. Pawai ini bertujuan untuk mendorong pemerintah dan produsen untuk bertanggung jawab dalam mengatasi masalah pencemaran plastik di Indonesia.


Dalam pawai ini, para peserta membawa berbagai macam poster dan spanduk yang berisi tuntutan kepada pemerintah dan produsen. Minomic juga sempet ngeramein Pawai Bebas Plastik 2023 ini dan ada 3 poin yang diperjuangkan :

  • Mendorong pemerintah melarang penggunaan plastik sekali pakai

  • Mendorong pemerintah memperbaiki sistem tata kelola sampah

  • Mendorong produsen dan pelaku usaha bertanggung jawab atas sampah pasca konsumsi


Pawai Bebas Plastik ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah dan komunitas lokal. Pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup turut berpartisipasi dalam pawai ini.



Pawai Bebas Plastik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya pencemaran plastik. Pencemaran plastik merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling serius di dunia saat ini. Plastik sekali pakai yang tidak terurai dapat mencemari lingkungan selama ratusan tahun.


Pawai Bebas Plastik diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong perubahan kebijakan dan perilaku masyarakat dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, kita dapat membantu melindungi lingkungan dan mencegah pencemaran plastik.



Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai:

  • Bawa sendiri wadah makan dan minum saat berbelanja

  • Gunakan tas belanja kain atau tas jinjing saat berbelanja

  • Mintalah minuman tanpa sedotan

  • Buang sampah pada tempatnya


Dengan melakukan hal-hal sederhana tersebut, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan membantu melindungi lingkungan.



Sumber : 


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page