top of page

Pechakucha Night Vol.36 on Conscious Living

Diperbarui: 11 Des 2023

[Atit, Denia, Tiza and David]


Akhir 2018 lalu, tim Cleanomic dihubungi oleh Maverick, sebuah Public Relation (PR) Agency yang memegang lisensi Pechakucha Jakarta untuk mengajak Cleanomic menjadi salah satu pembicara di acara Pechakucha Night Vol.36 yang bertemakan Conscious Living. Waktu itu Cleanomic juga belum pernah mendengar apa itu Pechakucha, hal ini cukup membuat deg-degan karena permintaan khusus mereka untuk membuat format presentasi sebanyak 20 slide yang tiap slide-nya harus diselesaikan dalam waktu 20 detik. 


Pechakucha Night sendiri adalah storytelling format di mana masing-masing individu berkumpul di suatu lokasi untuk mempresentasikan apa yang sudah mereka lakukan. Pechakucha adalah sebuah global platform dan forum diskusi untuk anak-anak muda khususnya di industri kreatif. Pechakucha ini diinisiasi di Tokyo, Jepang dan sekarang sudah ada di lebih 1000 kota di dunia. Sedikit mirip lah sama Ted Talks, yang membedakannya adalah signature format presentasi 20 x 20 nya.


Acara Pechakucha Vol.36 ini diadakan di Rumah Kreasi yang berada di area CGV lantai paling atas FX Sudirman. Tempat nya lucu, selain bioskop, mereka ada cafe, lapangan basket, dan mini auditorium yang jadi tempat talkshow-nya Pechakucha ini. Di lokasi, hadir beragam latar belakang individu namun tetap memiliki benang merah yang sama. Selain perwakilan dari Cleanomic, ada Atiit, Eva Celia, Tiza dari Diet Kantong Plastik, Reza dari Nara Kreatif, David dari Evoware dan Mba Hani dari Jak Pro.


Masing-masing pembicara punya cerita yang berbeda, seperti Reza dari Nara Kreatif, yang membangun sebuah yayasan untuk membantu anak-anak yang putus sekolah sambil mengajarkan pengelolaan sampah untuk menjadi produk upcycled. Sekarang Nara juga mengembangkan usahanya menjadi perusahaan pengelolaan sampah sekaligus sebagai lembaga penyedia pendidikan gratis. Kereeen!!!

Mba Hani dari Jakpro juga bercerita bahwa Jakpro selaku Badan Usaha Milik Pemerintah DKI punya tantangan yang luar biasa dalam mengelola sampah di Jakarta, beliau sudah banyak melakukan berbagai events dan sosialisasi untuk terus menerus mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan isu lingkungan. Mba Hani sempet menyinggung sedikit tentang program Intermediate Treatment Facility yang menjadi fokus beliau saat ini. 


Diskusi nya Tiza, Eva dan David juga ga kalah kerennya, they all truly such amazing inspirational people!. Buat yang ga sempet dateng, bisa langsung dengerin podcast-nya sekaligus dengerin presentasi masing-masing panel di playlist ini yaaa.


[Atit cerita tentang hidup minimalis dan manfaatnya]

[Eva cerita kenapa ia memilih menjadi seorang Vegan]


[untuk playlist lengkap presentasi Pechakucha bisa dilihat di playlist Cleanomic Youtube Chanel]


[Liputan lengkap Pechakucha bisa dilihat di Sindonews, Okezone, Tribunnews, CNBCIndonesia, Raturu, and special note from the Unspun Blog]


Buat tau info, berita, dan cerita seputar #cuanlestari dan hidup yang berkelanjutan kamu bisa cek secara berkala website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa.


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page