top of page

Peri Bumi x Parongpong : Menyulap Sampah Mainan Plastik Jadi Mainan Baru

Photo by Xavi Cabrera on Unsplash


Mainan bisa jadi masalah bagi keluarga yang tinggal di rumah yang kecil. Soalnya, kalau mainan terlalu banyak, ruangan akan terasa berantakan karena pasti dimainkan setiap hari.


Di Miniposiblehouse, Minomic selalu berusaha mengelola mainan dengan membeli mainan yang dapat dimainkan dalam jangka waktu yang lama, dapat dimainkan bersama-sama, atau dapat dikreasikan menjadi berbagai macam permainan. Sesekali, juga melakukan decluttering dan menyumbangkan mainan yang sudah tidak terpakai kepada orang-orang terdekat.


Dan saat ini ada loh inisiatif #cuanlestari yang keren dari Peri Bumi yang bekolaborasi dengan Parongpong Raw Lab dalam program PERI PONG, solusi sampah mainan plastik yang akan direcycle menjadi mainan baru.



Program ini diusung untuk memperingati Hari Sampah Nasional, dimulai pada 21 Februari hingga 25 Mei 2023 untuk area Jakarta dan Bandung.


Pada program ini, kita bisa berdonasi mainan baik dalam kondisi layak maupun tak layak. untuk mainan yang masih dalam kondisi layak, nantinya akan mereka donasikan kembali ke komunitas ataupun lembaga yang membutuhkan sedangkan untuk mainan dalam kondisi yang tak layak akan diproses oleh Parongpong Bahan-bahan ini nantinya akan diolah menjadi material bangunan mainan anak-anak yang akan dipasang di ruang publik, seperti ayunan, jungkat-jungkit, hingga palang rintangan.


Alur mainan yang didonasikan oleh kamu nantinya akan seperti ini : 

  1. Sortir mainan kamu sesuai kriteria PERI PONG yaitu mainan layak pakai dan tidak layak pakai, kamu bisa menggunakan kantong terpisah ya.

  2. Mengisi form pengiriman donasi 

  3. Kamu bisa kirim ke drop off point terdekat 

  4. lalu nantinya Team PERI PONG bakal kurasi mainan yang kamu donasikan

  5. setelah terkurasi nantinya mainan dipisah kembali oleh mereka untuk recycle atau didonasikan.


Dengan melibatkan anak dalam proses memilih mainan yang akan disumbangkan atau didaur ulang, orang tua juga mengedukasi anak tentang pentingnya keberlanjutan.


Untuk kamu yang tertarik dengan program ini, kamu bisa follow dulu akunnya @id.peribumi dan  @parong.pong untuk info batch selanjutnya!



Sumber 


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page