• Cleanomic

Sharing your climate anxiety stories


Beberapa waktu yang lalu, kami post stories untuk menanyakan kabar dari kalian sekaligus menanyakan "pernah ga sih ngerasa anxious atau cemas gara-gara masalah krisis iklim?." Beberapa kalian respons dan berbaik hati untuk sharing pengalamannya nih. Thanks for sharing yah!


Selama beberapa tahun membuat konten seputar #HidupLestari, kami sering banget ketemu temen-temen yang cerita bahwa mereka sering ngerasa aneh sendiri ketika mulai punya kepedulian lebih terhadap isu lingkungan. Ga sedikit yang cerita kalau justru malah dinyinyirin orang, dianggep aneh atau lebay atau nyusahin orang - bahkan sama keluarga sendiri. Ketika perasaan itu akhirnya dipendam sendiri, pasti sedikit banyak akan menganggu kita.


Well, you are not alone and your feelings are valid.


Simak beberapa cerita dari teman-teman yang semoga kamu (yang merasa terisolasi) bisa ikut relate.

putidita

  • Sejujurnya rasanya aku gak cuma climate anxiety..huhe..Earth's Whole Life anxiety lebih tepatnya :'D.

  • (Slower) Climate change sejatinya pasti pernah terjadi di Bumi yg sudah mungkin juga beberapa kali siklus Climate Change selama usia Bumi yg 4.543.000.000.000an tahun ini.

  • Satwa, tanaman dan other categorized living matter pasti ada yg challenged to extinction ada jg yang berhasil adaptasi dan evolve synergically.

  • Bedanya mungkin climate change yang di era antropocene ini kalo gak karena manusia, pasti gak secepet ini juga perubahan iklim, ekosistem dan the whole landscapenya.

  • Sebelunmnya mungkin species-species masih bisa lebih mudah evolve barengan dengan bumi ini. Tapi skg modern human civilization mempercepat waktu evolusi bumi ini.

  • Sedihnya karena kita semua (humankind) tergabung dalam komunitas spesies manusia modern ini, asli ngerasa turut berdosa banget mempercepat kematian dan menghasilkan penderitaan banyak makhluk. pengubahan siklus elemen bumi seperti air udara dkk.

  • Berperilaku dan berwawasan ekologis yuk dengan cara kita masing2 mungkin beda mungkin sama yg penting terus belajar dan berusaha terbaik :')

_Nyssa

Ini bener bgt si.... apalagi setahun belakangan.... pas uu minerba dan omnibus law... kayaknya kiamat rasa udah di depan mata 😂 climate change udah ga bisa ditolak lagi, kita udah bisa rasa sendiri.. kemudian di negara sendiri, alam semakin dieksploitasi...

Kalo ditanya apa rencana 5-10 tahun ke depan? Aku selalu jawab, emangnya akan ada 5-10 tahun ke depan itu? 😹😹😹 sepesimis itu . Tapi temen2 gada yg mengerti 😹😹😹😹😹😹😹 jadi aku kayak heboh sendiri. Dibilang lebay hahaha

I feel so alone ditengah banyaknya WAG group so called 'geng'

So alone...


Sobatngebun

Aku suka khawatir banget juga min sama pemberitaan iklim, apalagi yang berkaitan langsung dengan pertanian yang kian memburuk. Tapi pas liat tanaman di kebun, rasanya ada secercah harapan untuk bumi yang lebih baik. Meskipun perjalanan memulihkan pertanian intensif itu gak mudah dan perlu dukungan dari setiap pihak 😥


Apa sih sebenernya Climate Anxiety?

Climate anxiety adalah perasaan cemas yang dialami seseorang yang mengkhawatirkan keadaan masa depan planet bumi akibat krisis iklim. Kadang mudah banget untuk merasa helpless kaya ga tau mau ngapain, tapi sebenernya banyak kok yang bisa kita lakukan. Simak deh episode podcast dari Good Together yang khusus membahas tentang Eco-Anxiety dan apa yang bisa kita lakukan untuk mengubah perasaan cemas ini menjadi aksi yang positif untuk iklim.


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua