top of page

Tips Zero Waste di Kantor

Diperbarui: 11 Des 2023


Kantor sudah seperti rumah kedua untuk kita para pekerja. Sederhana saja, lebih dari 8 jam sehari kita menghabiskan waktu di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan sekaligus berinteraksi dengan rekan-rekan kantor. Apalagi kalau si bos suka rajin bekerja walaupun di luar jam kantor alias lembur, atau karena kegiatan hang out bareng teman kantor di luar jam kantor membuat kita lebih lama menghabiskan waktu di luar rumah.


Nah, bagi kamu pegiat #lesswaste atau #zerowaste, kamu harus memastikan kegiatan kamu selama di kantor tetap memberikan dampak dalam pelestarian lingkungan. Dalam mewujudkannya memang butuh persiapan, tapi tenang persiapan melakukan zero waste atau less waste di kantor tidaklah sulit, semua tergantung pada keinginan kuat kalian untuk membantu bumi agar berumur panjang. Berikut tips yang bisa kalian lakukan agar tetap zero waste selama di kantor!




1. Paperless

Ini merupakan salah satu tantangan terberat kegiatan zero waste di kantor, apalagi masih banyak kantor yang belum membatasi penggunaan kertas dalam kegiatan mereka. Bagi kalian yang ingin menerapkan zero waste, berikut cara yang bisa dilakukan, yaitu


  1. Teliti = print less 

  2. Reuse paper untuk corat coret 


Nah langkah ini juga efektif untuk mengurangi penggunaan kertas. Bagi kalian yang suka rapat di hotel coba deh untuk tidak menggunakan lembaran kertas yang biasa disediakan hotel, tapi gunakan buku sendiri agar tidak menghasilkan sampah. Salah satu alternatif, selalu sediakan kertas reuse di tas kamu, jadi bisa gunakan kertas itu saat bukumu tertinggal. Prinsipnya sama dimana-mana, semakin banyak material yang kamu gunakan, semakin besar pula potensi kontribusi sampah kamu.


2. Hindari Minuman Dalam Kemasan

Daripada setiap rapat kalian harus membeli Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), lebih baik usulkan untuk investasi membeli gelas dan dispenser air. Bukan hanya lebih hemat, kalian juga akan mengurangi produksi sampah plastik di kantor. Jangan lupa pastikan kebersihannya ya!



3. Pilah Sampah

Mulai biasakan untuk memisahkan sampah sesuai jenis, seperti kertas, botol plastik, atau e-waste seperti baterai. Semakin terpilah sampah kantormu, maka semakin berharga dan juga semakin banyak yang bisa dimanfaatkan. Sebagai alternatif, kalian juga bisa mengusulkan untuk bekerja sama dengan pengepul sampah atau bank sampah yang ada di wilayah kalian. 


4. Jaga Perlengkapan Kantormu

Lose less things! Labeli perlengkapan kantormu dengan baik dan jaga mereka. Semakin sering kamu kehilangan barang seperti pulpen atau pensil maka semakin tinggi kontribusimu menghasilkan sampah.


Nah, cukup mudah kan! Yuk mulai terapkan tips ini ke kantor kamu dan jangan lupa edukasi teman-teman kantor kamu agar bisa menjalankan #hiduplestari bersama-sama. Buat kamu yang tertarik untuk belajar tentang hidup yang berkelanjutan, kamu bisa cek secara berkala pada website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa!


31 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page