• Cleanomic

Yuk Mulai Bisnis Ramah Lingkungan!

Diperbarui: Nov 8

Siapa pun bisa lho memulai bisnis ramah lingkungan. Apalagi sekarang, semua tools dan referensi yang bisa kamu pelajari banyak banget! Kesempatan berkembang juga terbuka luas, terutama karena hal ini didukung masyarakat dan netizen Indonesia yang sekarang sudah mulai aware soal isu lingkungan!


Ketika mengawali usaha Cleanomic, waktu itu pun kami belum tau terlalu banyak referensi mengenai bisnis kecil yang berbasis kepedulian lingkungan ataupun program akselerasi yang dapat membantu menjalankan bisnis model seperti ini.  Mungkin yang sedikit mirip adalah social entrepreneurship yaitu usaha yang selain punya misi untuk memperoleh keuntungan (namanya bisnis harus bertujuan memperoleh untung yah, kalau ga untung namanya non-profit activities) tapi juga punya misi untuk membangun kesejahteraan sosial untuk para stakeholder nya.


Miripkan? Sedangkan kalau bisnis ramah lingkungan atau clean business, prinsipnya sama, tapi elemen yang ditambahkan adalah prinsip kepedulian sosial dan lingkungan.


Salah satu kendala yang paling sering kedengeran adalah modal, yah ga sih? Tapi menurut kami, ga semua bisnis diawali dengan perlu nya modal berupa uang lho.  Waktu dan dedikasi adalah justru modal utama yang diperlukan untuk memulai bisnis.  Kalau kamu ga punya uang, kamu harus bisa sisihkan waktu dan bangun dedikasi untuk wujudkan mimpi kamu.


Contoh bisnis ramah lingkungan yang kamu bisa mulai tanpa modal adalah membuka halaman rekomendasi di tokopedia by me seperti ini:


Dengan mengkurasikan produk yang ada di website tokopedia dan membagikannya ke halaman sosial media kamu, setiap kali ada pembelian dari halaman ini, kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.  Kamu bisa pilih jutaan produk yang mendukung gaya hidup ramah lingkungan yang ada di tokopedia.  Bisa lihat contohnya disini yah!


Atau bisa juga buat konten edukasi tentang gaya hidup ramah lingkungan, baik di podcast, youtube maupun tiktok, dan menjadi the next sustainfluencer!

Kalau kamu punya ide briliant lain untuk sebuah bisnis ramah lingkungan, kamu juga bisa ikutan ClimateLaunchpad, sebuah kompetisi untuk green business terbesar di dunia! Kamu ga perlu punya bisnis yang sudah berjalan untuk ikutan kompetisi ini.  Cukup sebuah ide yang solid tentang bisnis ramah lingkungan seputar cara mengatasi perubahan iklim (apapun itu!!!!), plus yang tadi udah kami sebutkan, waktu dan dedikasi.


Isi formulir dan kelengkapannya disini, deadlinenya 30 Mei yahh!


Kompetisi ini terdiri dari 3 bagian sebagai berikut:


Step 1: Online Course & Boot Camp

ClimateLaunchpad kicks off with a 3-day Boot Camp in your own country. Our trainers will teach you all you need to know about jump-starting your business.


Step 2: Intensive coaching and National Finals (and if applicable Regional Finals)

The Boot Camp is followed by a period of intensive coaching. You’ll perfect your pitch, value proposition and business model. After that, you’re ready to rock your National Final where you’ll pitch in front of the National Jury. If applicable, the top teams may go on to Regional Finals*. Winning teams of National and/or Regional Finals get to compete in the Global Grand Final.


Step 3: Global Grand Final

There is prize money to be won. The overall winner of the Global Grand Final receives € 10,000, the runner up gets € 5,000 and the idea that comes in third place wins € 2,500. The top 16 teams selected by the jury to perform in the Final Round of the Global Grand Fina, will automatically get direct access to the Climate-KIC ClimateLaunchpad Accelerator, the renowned business school where great ideas grow into great businesses.

Informasi lebih lanjut tentang ClimateLaunchPad bisa kalian temukan di website dan instagramnya yah!

Good luck!

9 tampilan

©2020 by Cleanomic