top of page

ZEROWASTE? EGGSACTLY!

Diperbarui: 11 Des 2023

Pasti ingat si @world_record_egg yang mengalahkan popularitas Kylie Jenner di instagram pada tahun 2019 lalu kan? Nah ya, apa kabar si telur yang katanya namanya Eugene itu ya? Sekarang sudah tidak aktif lagi juga. Kalau sudah pecah, juga gimana nasibnya ya? Yang pasti, kalau sudah pecah, yang tersisa adalah kulitnya. 


Berbagai penelitian menyatakan bahwa cangkang telur adalah bahan makanan berharga dan memiliki berbagai fungsi. Mereka bukan hanya sumber makanan tetapi juga memiliki banyak manfaat non-pemakanan. Cangkang telur ini dengan mudah tersedia dari rumah tangga, restoran, dan pabrik pengolahan makanan. Lebih dari 970 miliar telur diproduksi di seluruh dunia, dari mana sekitar 100 miliar cangkang telur diperoleh. Namun, sampah cangkang telur ini mengancam lingkungan dengan menyebabkan polusi lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk merancang cara untuk memanfaatkan cangkang telur ini untuk tujuan nutrisi dan non-nutrisi. Hal ini tidak hanya akan mengurangi limbah tetapi juga memiliki berbagai manfaat ekonomi.


Karena cangkang telur mudah ditemukan, mereka murah dan dapat menjadi bahan baku yang efektif untuk memproduksi berbagai produk makanan bernilai tambah. Ekstraksi kalsium dari cangkang telur lebih mudah dan dapat digunakan untuk memperkuat makanan dengan kalsium guna memenuhi kebutuhan kalsium diet penduduk. Cangkang telur juga bermanfaat bagi berbagai industri di mana kalsium yang diekstraksi dari mereka dapat digunakan sebagai katalis atau bahan baku. 


Cangkang telur terdiri dari air (2%) dan bahan kering (98%). Bahan kering tersebut pada gilirannya terdiri dari abu (93%) dan protein kasar (5%). Cangkang telur terdiri dari jaringan serat protein yang berhubungan dengan kristal kalsium karbonat, kalsium fosfat, dan magnesium karbonat bersama dengan beberapa zat organik dan air. Cangkang telur juga merupakan sumber kalsium yang kaya (98,2%). Magnesium dan fosfor hadir dalam jumlah jejak, masing-masing memberikan sekitar 0,9%). Sebanyak 2,7 g bubuk cangkang telur dapat menyediakan sekitar 100% asupan diet kalsium yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Beberapa unsur mikro lain seperti boron, tembaga, besi, molibdenum, belerang, silikon, dan seng juga ada dalam cangkang telur.


Nahh, Minomic sudah merangkum beberapa cara yang bisa digunakan untuk memanfaatkan kulit alias cangkang telur yang mungkin kalian punya dirumah:


Kerajinan



Banyak kerajinan yang bisa dihasilkan dengan cangkang telur. Ada telur hias, ada telur ukir, kaligrafi dari kulit telur, tempat lilin, pot tanaman, lampu hias, hingga kartu ucapan yang unik dan menarik. Bagi kalian yang berminat membuat kerajinan dari cangkang telur, kalian bisa klik link ini untuk mencobanya.


Bahan Makanan


Ternyata, kulit telur bisa kita makan, dan jadi asupan kalsium untuk kita. Sebelum ditambahkan ke makanan atau minuman, cangkang telur harus diubah menjadi bubuk terlebih dulu agar mudah tercampur rata. Coba cara ini: cuci bersih cangkang telur dengan air mengalir, rebus di dalam air mendidih selama 10 menit dan panggang dalam oven kurang lebih 15 menit hingga kering. Kemudian hancurkan dengan blender hingga menjadi bubuk dan simpan di dalam wadah kering dan tertutup. Bubuk ini bisa ditambahkan pada minuman atau makanan kita untuk tambahan kalsium alami. 



Artikel dari The International Jurnal of Clinical Farmology Research mengatakan bahwa cangkang telur merupakan sumber kalsium alami. Pada wanita yang sudah mengalami menopause atau osteoporis, mengkonsumsi bubuk cangkang telur dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kepadatan tulang.Disisi lain, hasil penelitian The International Journal of Food Science and Nutrition menemukan bahwa terdapat kandungan dua gram kalsium pada cangkang telur ayam. Angka itu sama dengan dua kali lipat kebutuhan orang dewasa setiap hari.  Untuk membuat bubuk cangkang telur dengan sempurna klik link ini ya


Pakan Hewan

Gak mau makan kulit telur? Gak masalah. Bubuk cangkang telur juga bisa dimanfaatkan untuk tambahan pakan hewan peliharaan kalian. Caranya mudah, cukup taburkan bubuk tersebut kedalam makanan mereka. Untuk hewan ternak seperti ayam dan bebek, cangkang telur juga bisa dijadikan makanan tambahan. Cangkang telur tersebut berfungsi sebagai suplemen kalsium alami yang bisa meningkatkan kesehatan hewan kesayangan kalian.




Kecantikan

Cangkang telur ternyata juga memiliki khasiat yang sama dengan isinya untuk kecantikan. Caranya, cukup campurkan bubuk cangkang telur yang telah dengan cara memasukkannya ke dalam masker yang biasa kalian pakai atau ke dalam putih telur. Setelah itu kamu bisa oleskan secara merata campurannya di seluruh wajah, tunggu hingga kering, lalu bilas wajah kalian dengan air bersih. Cara ini diklaim berkhasiat untuk mengencangkan kulit.


Pembasmi Hama Tanaman

Gak mau pakai cangkang telur untuk maskeran? Langsung saja taburkan cangkang telur yang sudah diremukkan di atas tanah dalam pot tanaman kalian, maka siput, ulat atau bekicot dijamin tidak akan berani mendekat. Pastikan untuk meletakan serpihan cangkang telur ke tempat-tempat yang biasa didatangi oleh hama-hama pengganggu.


Pengasah Pisau

Manfaat yang satu ini rasanya memang agak janggal, tapi percaya ga percaya ini adalah 1 dari 35 manfaat cangkang telur yang kami kutip dari morningchores.com.  Katanya, cangkang telur beku bisa kalian manfaatkan untuk mengasah pisau. Caranya dengan memasukkan cangkang telur kedalam freezer hingga keras. Ketika sudah membeku, segeralah gunakan untuk mengasah pisau kalian. Gesekan pisau ke kulit telur beku terbukti bisa menajamkan pisau.


Konstruksi

Banyak penelitian yang sudah menyatakan bahwa Cangkang telur bisa menjadi pengganti ataupun campuran semen/beton untuk kegiatan konstruksi. Kandungan kalsium oksida dari cangkang telur termasuk dalam kelas kapur yang paling reaktif (R5-60 ℃ dalam 10 menit), yaitu kelas kalsium oksida dari batu kapur. Bahkan beton ringan yang diinkorporasikan dengan bubuk cangkang telur menunjukkan peningkatan kekuatan tekan dan kecepatan getaran ultrasonik (UPV) pada tingkat penggantian 7,5%. 


Kompos

Kalau gak mau coba yang aneh-aneh seperti di atas, cukup remukkan cangkang telur dan taburkan di tumpukkan bahan-bahan kompos kamu, dan tinggalkan, dia akan jadi kompos. Supaya cepat terurai, sebaiknya remukkan sampai berupa potongan-potongan yang cukup kecil.

Apapun caranya, yang penting #zerowaste ya!


Buat tau info, berita, dan cerita seputar #cuanlestari dan hidup yang berkelanjutan kamu bisa cek secara berkala website Cleanomic dan follow instagram kami di @cleanomic yaa.

11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page