• Sekar Arum

5 Inspirasi Kebun di Balkon atau Rooftop Rumahmu!


Urban farming jadi tren dan kegiatan baru yang digemari banyak orang terutama di daerah perkotaan. Selain akibat kebijakan WFH (Work From Home) 2 tahun kebelakang, lahan perkotaan yang makin menyempit juga jadi salah satu alasan banyak orang buat memanfaatkan lahan sempit dirumah kaya balkon dan rooftop buat berkebun. Nah, kali ini kita mau kasih 5 inspirasi kebun balkon/rooftop buat minomivc semua nih, simak yaa!


1. Tiny balcon on a budget - Xiu House

Balkon sempit dirumahmu nganggur? Ubah aja jadi tiny balcony garden! Ruang sempit dirumah bisa disulap jadi cantik, asri dan fungsional kaya gini dengan budget minimal. Inspirasi dari Xiu House ini pantas dicoba! Dengan penataan yang apik dan penempatan rak-rak vertikal, balkon sempit bisa terlihat luas, penambahan detail seperti lantai kayu juga akan menambah kesan adem balkon kecilmu. Untuk lebih menghemat budget, kamu juga bisa ikutin tips recycle barang bekas dari video ini. Nah, sekarang kamu bisa punya balkon kecil asri yang bisa jadi tempat asik buat ngopi di pagi hari deh!

2. Tips sukses berkebun di rumah - Her 86m2

Buatmu yang baru akan memulai membangun kebun balkon dirumah, kamu beruntung mampir kesini! Video inspirasi kedua ini bakal bantu kamu buat cari tau, aturan-aturan apa aja sih yang kamu perlukan sebelum memulai gardening di balkon rumahmu. Iyaa memang ada tips nya biar gardeningmu sukses! Misalnya saja, kamu perlu tau kapasitas atau kemampuan balkon rumahmu dalam menampung berat. Jadi kamu bisa kira-kira akan pakai pot berbahan kayu atau plastik, seberapa banyak tanaman yang bisa kamu tampung dll. Kamu juga bakalan ketemu sama tips-tips milih tanaman sesuai personalitimu, tips memilih sayuran sesuai kondisi cuaca ditempatmu dan masih banyak lagi.


3.Berkebun di Atap - Bumiku Satu

Nah, kalo inspirasi video ini cocok buatmu yang mau punya kebun organik hidroponik dirumah! Rooftop rumahmu bisa jadi tempat yang cocok. Hidroponik satu ini sederhana saja, namanya sistem wick/sumbu, kamu bisa pake sterofoam bekas buah yang dilubangi dan dialasi dengan terpal, lalu taruh bibit sayuranmu di lubang itu, dia akan tumbuh besar dan segar. Sistem kedua, hidroponik rakit apung dan dutch bucket, penjelasan lengkapnya ada divideo ya! Plusnya kamu juga bisa dapet tips bikin salad dari kebun sendiri hihi


4. Membuat supermarket pribadi! - TV Tani Indonesia


Kak Jessica Halim, ngajak kita-kita yang tinggal di kota buat manfaatkan lahan sebagai super market pribadi! Maksudnya bukan toserba yaa, tapi kebun belakang rumah hihi Tips bikin supermarket pribadi ini lengkap dijelasin divideo yah, mulai dari pilihan tanaman, cara perawatan, sampai bikin pupuk alami kaya eco enzym dari hasil pemanfaatan limbah rumahan, pemanfaatan cangkang telur da kulit pisang untuk penyubur tanaaman. Kalau gardeningmu berhasil, bisa jadi lahan #CuanLestari juga loh! Kaya kak Jessica ini yang dapet cuan dari hasil menjual bibit dan pupuk buatannya.

5. Edible balcony garden tour - Charins Chang

Kamu yang tinggal di apartement, paling pas liat inspirasi kebun balkon ini. Rata-rata ukuran balkon apartement tuh ga lebar, tapi biar tetap dapat asupan pemandangan hijau ditengah kota ya harus pintar-pintar bikin edible garden di balkonmu. Biar masih punya lahan bersantai yang luas, kamu bisa gunain tips vertical garden ala Charins Chang ini. Diitambahai dengan pot-pot bentuk rectangular yang ga banyak makan tempat dan rapih. Kamu juga bisa ikutin update cerita berkebunnya di video-video yang lain loh. Gimana? Jadi berasa punya teman berkebun kan?


Itu tadi inspirasi kebun balkon dan tips-tips yang bisa kamu aplikasikan dirumah. Selamat berkebun!








16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua