top of page

5 Layanan Refill Produk Tanpa Plastik

Diperbarui: 7 Des 2023



Produk kebutuhan rumah tangga yang menjadi kebutuhan sehari-hari umumnya dijual di pasaran dalam bentuk kemasan yang awal mula tujuannya digunakan untuk mempermudah pembeli. Produk-produk tersebut diantaranya adalah sabun, shampo, detergen, sabun cuci piring dll. Biasanya kemasan produk tersebut tersedia dalam bentuk botol, nah untuk menghindari menumpuknya botol, produsen berinovasi untuk membuat produk isi ulang dalam bentuk kemasan plastik. Hal ini tentu bukan menjadi solusi ya, karena refil produk seperti ini malah justru menghasilkan sampah plastik kemasan yang lebih banyak dan sulit terdaur ulang.


Plastik pada umumnya memiliki material yang sulit diuraikan oleh tanah. Sampah plastik akan terurai dalam waktu 10-12 tahun, sedangkan botol plastik butuh waktu 20 tahun karena polimernya lebih kompleks dan lebih tebal. Bahkan beberapa penelitian lainnya mengungapkan butuh waktu ratusan tahun untuk menguraikan plastik.

Saat ini sudah mulai muncul solusi ramah lingkungan yang bisa di coba nih, beberapa start up mulai peduli untuk menerapkan sistem refil tanpa plastik produk-produk terkenal yang banyak digunakan sehari-hari. Nih, kalau kalian sudah mulai worry dengan sampah kalian, artinya kalian perlu coba solusi satu ini nih! Yuk simak 5 start up yang bisa bantu kamu refil produk tanpa plastik.


qyos_id ini menyediakan layanan refill produk tanpa plastik. Produk yang disediakan adalah merk-merk terkenal seperti sabun cuci piring Mama Lime dengan harga Rp.17.000/L, sabun mandi Nuvo dengan harga Rp.36.500/L, detergen cair So Klin Rp.21.000/L, dan hand sanitaizer Yesklin Rp.52.000/mL. Stasiun refill qyos_id ini terletak di Apertemen Kalibata City, Tower Ebony, Indah Bazaar Street Food. Trus cara isinya gimana ya? Pertama kalian bisa membeli kemasan pintar Qyos di titik Qyos dan warung terdekat alamat qyos, atau bawa kemasan dari rumah kalian sendiri. Kemudian kalian cukup membawa kemasan mu ke dispenser qyos kemudian pilih jumlah produk yang kamu butuhkan pada dispenser qyos, dan kemasan kamu akan terisi secara otomastis.

Cara pembayarannya dilakukan dengan aplikasi Qyos yang bisa di top up saldonya menggunakan OVO. Kalau kalian merasa kesulitan, akan selalu ada staff Qyos yang siap membantu teman-teman, jadi tidak perlu khawatir! Lengkapnya langsung klik link di atas yaa.



alner.id atau yang dulu dikenal dengan koinpack menyediakan layanan refill produk tanpa plastik juga nih dengan guna ulang kemasan. Jadi, setiap pembelian produk di Alner kamu bisa kembalikan lagi kemasannya dan bisa dipakai kembali kemasannya dengan pengisian produk yang kamu mau. Produk yang mereka sediakan lebih bervariasi. Untuk jenis sabun mandi kalian bisa pilih merk Biore, LUX, Nuvo atau Lifebuoy. Sedangkan untuk shampoo mereka punya 6 merk yang bisa dipilih nih, ada Zinc, Tresemme , Sunsilk, Lifebuoy, Dove, Pantene dan Clear. Detergen cair ada Rinso dan So Klin, tapi Rinsonya ada pilihan aroma, seru yaa jadi bisa milih yang kita suka.

Produk yang lain diantaranya ada pelembut, pewangi, pembersih lantai merk So Klin dan sabun tangan merk Yuri Soft and Gentle. Alner tersedia di beberapa titik lokasi yaitu di daerah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok Jawa Barat, dan Jakarta Pusat. Layanan refill atau guna ulang kemasan Alner bisa dipesan secara online melalui Website atau WhatsApp.


Nah, kalau Siklus Refill jangkauannya lebih luas lagi nih! Mereka menyediakan layanan delivery untuk wilayah Jabodetabek yang bisa diorder melalui DM Instagram, Whatsapp dan melalui Siklus App. Siklus Refill menyediakan lebih banyak lagi produk ni sahabat, ada 2 jenis merk minyak goreng, detergen cair aneka merk, pewangi dan pelembut pakaian, pembersih lantai, pelicin pakaian untuk setrika, sabun cuci piring, sampai pembersih kaca. Ada juga berbagai jenis shampoo, sabun dewasa dan sabun bayi serta hand sanitizer.


Semua produk tersebut tersedia dalam banyak pilihan merek. Lengkap yaaa... Kalau mau tau jadwal delivery nya jangan lupa cek instagram siklus refill!


Yang keempat ada hepicircle, tapi kalau kamu mau refill produk disini kamu wajib beli dulu produk dengan kemasannya. Jadi, setelah pembelian pertama kamu bisa refill deh dengan kemasan pertamamu untuk pembelian selanjutnya. Kalau kamu mau beli langsung, Hepicircle berlokasi di Surabaya, ada di 5 store yaitu Mamaramah Eco Bulk Store, Kudos Cafe, The Oak Tree Surabaya, Kamikamu Eatry dan Sincerely WARP.


Tapi nih, buat kamu yang mager keluar rumah, kamu bisa pesan produk delivery dengan mengunjungi website, kemudian pilih produk favoritmu di halaman belanja, pilih ukuran dan jenis kemasan (jenis kemasan disini maksudnya pilihan tukar kemasan bagi kamu yang sudah punya kemasan dari hepicircle atau pilihan kedua kemasan+isi bagi kamu yang baru pertama kali beli), lalu kamu bisa lanjutkan belanja dan pembayaran deh. Loh udah panjang lebar bahas cara pemesanan tapi produk nya apa aja nih? Produknya ada detergent, softener, sabun, home made jamu, dan kopi.



Bumibulkstore berlokasi di Kerobokan, Bali dan melayani free delivery untuk wilayah Kerobokan dan Canggu. Bedanya dari layanan refill yang lain. Produk yang di sediakan oleh Bumi Bulk Store merupakan produk home made dan chemical free.


Bumi bulk store menyediakan lebih dari 150 produk di store nya, produk tersebut meliputi home and body care, shampoo, sabun, superfood, pasta, herbal, berbagai jenis teh, biji-bijian, dan masih banyak lainnya. Kamu cukup membawa wadahmu sendiri dari rumah untuk membeli secara langsung di store mereka. Atau bisa menggunakan jasa delivery mereka melalui whatsapp. Sembari membeli produk kamu juga bisa turut berdonasi lewat program kampanye mereka yaitu "1000 pohon BUMI" yaitu kegiatan yang bertujun untuk menanam 1000 pohon mangrove. Gimana teman-teman di Bali? Sudah pernah kesini belum?

1.301 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page