• Cleanomic

9 Startup yang Bisa Jemput Sampah Kamu! (Part 2)

Diperbarui: Mei 31


Karena banyaknya respon dari teman-teman dari postingan 9 startup yang bisa jemput sampah (part 1), kita balik lagi nih sesuai janji untuk melengkapi daftar startup yang bisa jemput sampah kamu di rumah.


1. @ewasterj

Dikutip dari websitenya, Komunitas EwasteRJ adalah nonprofit berbasis masyarakat sebagai pengumpul Sampah Elektronik pada wadah khusus #ewasteRJdropzone, lalu diberikan kepada perusahaan resmi pengolah limbah B3 terdaftar. EwasteRJ juga melibatkan masyarakat untuk mempraktikkan cara membuang sampah elektronik dengan benar melalui EwasteRJ dropbox, yaitu wadah penampungan sampah elektronik sementara. Sejak 2015, Komunitas EwasteRJ giat dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya sampah elektronik dan cara membuang sampah elektronik dengan tepat. EwasteRJ menyediakan layanan jemput sampah di Tanggerang sampai akhir bulan Mei 2021 dalam rangka hari bumi (tidak menjemput ke rumah satu per satu). Tapi kalian bisa mengirimkan sampah elektronik kalian ke mereka sesuai dropbox dan info di akun instagram @ewasterj ya!


2. @kamibox.id

Sesuai dengan tagline nya “We Value Your Waste”, Kamibox membeli sampah dari masyarakat. Lumayan kan, sampah bisa jadi memberikan kamu penghasilan tambahan. Kamibox merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengumpulan dan pengolahan sampah daur ulang di Jakarta. Sampah apa aja sih yang diterima? Kamibox menerima arsip kantor, kardus, HVS bekas, buku/majalah, botol plastik, kaleng dll. Barang dapat dikirim langsung ke gudang kamibox pada jam kerja atau juga dapat dijeput kerumahmu dengan melakukan kontak terlebih dahulu. Untuk dokumen yang bersifat rahasia seperti arsip kantor, dapat dikirim langsung ke pabrik daur ulang untuk dimusnahkan/dilebur secara kimia dan dikawal oleh pihak perusahaan dengan minimum jumlah tertentu. Kamibox beroperasi setiap Senin – Sabtu jam 08.00-17.00 WIB. Harganya terjangkau dan kompetetif banget lho. Kalau teman-teman mau menggunakan jasa kamibox untuk jemput sampah kerumahmu, kamu bisa langsung aja kontak kamibox via WA, info detailnya langsung ke website yaa! https://kamibox.id/


3. @octopus.ina

Octopus adalah startup yang berkegiatan membantu masyarakat mengumpulkan dan mendaur ulang sampah. Octopus bekerja dengan sistem mitra, bekerja sama dengan penduduk dan pemulung lokal dengan tujuan memberikan pekerjaan yang jelas dan pendapatan nyata dari lembaga keuangan. Sebelumnya, Octopus akan melakuakan pelatihan kemitraan bagi penduduk dan pemulung lokal menggunakan aplikasi PELESTARI sebagai media kerjanya. Lewat aplikasi PELESTARI inilah kamu bisa mengorder jasa mitra Octopus untuk menejmput sampah dirumahmu. Terus daerah layanannya dimana saja? Octopus kini siap melayani kamu yang tinggal di daerah Makasar, Bali, dan Bandung, Jawa Barat. Untuk detail lokasinya kamu bisa langsung cek ig Octopus yaaa. Dengan memakai jasa Octopus, kamu tidak hanya menjadi pahlawan lingkungan tapi juga turut membantu perekonomian para pemulung lokal untuk mendapatkan kehidupan ekonomi yang lebih baik dan layak.


4. @erecycle.id

eRecycle memproses Penjemputan Sampah Terpilah berbasis Teknologi yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi bernama eRecycle yang bisa kamu unduh di google playstore. Melalui aplikasi ini sampah terpilah kamu akan dijemput ke rumah, lalu ditimbang secara digital, akurat, dan real time. Sampah tersebut kemudian akan diganti dengan reward yang dapat kamu gunakan untuk berdonasi kepada LSM yang bekerjasama dengan eRecycle. Jenis sampah yang diterima oleh eRecycle adalah sampah plastik, kertas dan botol kaca. eRecycle juga bekerjasama dengan produk kecantikan Garnier, jadi kalau kamu pengguna produknya, kamu bisa kumpulin kemasannya untuk diolah oleh eRecycle. Untuk kamu yang ingin menggunakan jasa penjemputan sampah eRecycle, saat ini ia telah hadir di Kota Tangerang, Kabupaten tangerang, Tangerang Selatan, Cikarang, Bekasi, Depok, Bogor, dan Jakarta. Tapi bagi kamu yang rumahnya dekat dengan drop point e Recycle, kamu bisa banget langsung antar aja sampah kamu ke drop box nya!


5. @plastavfall

Plastavfall adalah Bank sampah yang beroperasi di daerah Bandung, Jawa Barat. Selain sebagai bank sampah, plastavfall juga punya backyard plastavfall nih yang digunakan untuk menanam berbagai tanaman pangan yang dapat dijual kembali. Sampah yang mereka terima adalah jenis sampah plastik, kertas, Kaca, Metal, Minyak. Kamu yang tinggal di Bandung dan ingin menyetorkan sampah ke Plastavfall, kamu bisa mengirim secara mandiri ke Plastavfallbank, paket, jasa angkutan online ke alamat plastavfall, atau bisa juga menggunakan fasilitas penjemputan (private waste management by Plastavfall). Dengan plastavfall, hasil penjualan sampah kamu akan ditabung dan menghasilkan uang yang bisa kamu gunakan untuk bayar listrik, bayar air, bayar telepon, tabungan pendidikan dan lain lain. Atau bisa juga kamu tukarkan dengan backyard Plastavfall berupa produk buatan rumah, produk lokal, benih/bibit, produk minim sampah, dan sayur alami.


6.@ecobalirecycle

Seperti namanya, ecoBali memfasilitasi penjemputan dan pengelolaan sampah untuk kamu yang tinggal di pulau Bali. ecoBali didirikan pada tahun 2006 sebagai jawaban atas urgensi masalah pengelolaan sampah di pulau Bali. ecoBali mengoperasikan fasilitas pemilahan dan pemulihan bahan (MRF) nya sendiri, mereka menerima jenis sampah plastik, kertas, plastik, logam, kaca, karton Tetra Pak, dan Styrofoam (hanya yang digunakan untuk pengemasan). ecoBali bekerjasama dengan pabrik di Jawa Timur untuk mendaur ulang sampah menjadi produk antara seperti serpihan, pelet, dan bubur kertas, produk pasar akhir seperti kertas kemasan, lapisan karton bergelombang, barang plastik (ember, botol, tali rafia, karung beras anyaman), kaleng logam, tempat kompos, bahan atap, gelas minum, dan banyak lagi. Nah jika kamu menggunakan jasa ecoBali kamu akan diberi dua tempat sampah untuk bantu kamu memilah sampah dirumah. Green Bin untuk kertas dan Red Bin untuk kaca, logam, plastik dan sampah non organik lainnya.


7. @pointtrash.co.id

Pointtrash memulai perjalanannya pada tahun 2016 dengan layanan penjemputan sampah anorganik melalui aplikasi pointtrash di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Lewat tagline #Pilahsampahjadirupiah, Pointtrash membeli sampah kamu lewat aplikasinya, hasil tabungan sampah kamu bisa diambil ke ewallet yang disediakan. Titik lokasi penjemputan sampah pointtrash meliputi wilayah Perum Cemerlang Permai, Kota Sukabumi dan Kampung Karawang wetan, Kabupaten Sukabumi. Kamu juga bisa menajdi mitra pointtrash untuk memperluas kesempatan teman-teman yang lain di wilayah Sukabumi agar bisa menikmati layanan penjemputan pointtrash di area tempat tinggalnya.


8. @pemol.id

Didirikan pada tahun 2019, Pemol merupakan singkatan dari Pemulung Online. Pemol juga menggunakan konsep digital untuk berusaha meningkatkan kesejahteraan Pemulung dan tentunya memberikan dampak positif bagi lingkungan hidup secara berkelanjutan. Melalui aplikasi pemol, kamu bisa terhubung dengan dengan driver Pemol terdekat untuk menjemput sampahmu. Tidak seperti yang lain, pemol memberikan 100% pelayanan gratis untuk kamu yang mau menyetorkan sampah melalui pemol, bahkan pemol akan membeli sampah kamu lho! Pelayanan Pemol terbatas untuk kamu yang tinggal di Pekanbaru ya, jadi tunggu apalagi nih, rugi banget kalau kamu ngga pakai jasa pemol untuk kelola sampah dirumahmu. Sampah-sampah yang telah diberikan ke Pemol akan didaur ulang kembali untuk dijadikan barang-barang yang berguna. Pemol menawarkan berbagai macam dan jenis sampah untuk dijual kembali seperti plastik, kertas, logam, dan elektronik.


9. @kangasoi

Kang Asoi merupakan layanan online untuk mengangkut sampah di wilayah Bandung dengan pembiayaan yang transparan. Apa aja sampah yang diterima? Sampah yang diterima banyak jenisnya yaitu sampah organik, minyak jelantah, kertas, plastik, logam, kaca, elektronik, tetrapak, sisa bangunan, kain/baju bekas dan barang-barang besar lainnya. Selain pengangkutan sampah Kang Asoi juga menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial lho. Baru-baru ini mereka membagikan sosis, daging ayam dan ikan secara gratis bagi teman-teman yang pakai jasa Kang Asoi untuk jemput sampah kerumah, menagdakan give away menarik, dan banyak kegiatan sosial lainnya yang ditujukan bagi pedagang dan orang-orang kurang mampu. Keren kannn..


15 tampilan0 komentar