top of page

Alner: Sediakan Produk Personal Care yang Bisa Dikembalikan


Hampir semua rumah tangga di Indonesia memanfaatkan air galon untuk memenuhi kebutuhan air hariannya. Mungkin rumah tanggamu salah satunya juga? Berkat sistem pakai-habiskan-kembalikan dari distribusi air galon, jadi tidak ada sampah yang terbuang sama sekali. Lantas mengapa sistem yang sama tidak direplikasi untuk produk-produk rumah tangga lainnya agar menekan jumlah sampah?


Bintang Ekananda, founder Alner, atau yang dulu dikenal dengan nama Koinpack berangkat dari pengimplementasian prinsip reuse dari distribusi air galon yang telah terbukti berhasil diadopsi masyarakat. Koinpack berdiri tahun 2020 dan kini berganti nama menjadi Alner yang merupakan kependekan dari kata 'alternatif' dan 'kontainer'.


Alner merupakan penyedia berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari minyak goreng, sabun cuci piring, beras, cairan pembersih, dan masih banyak lagi untuk konsumen di Jabodetabek. Selain keperluan rumah tangga, juga ada produk-produk personal care seperti sabun, sampo, dan hand sanitizer. Semuaau produk ini dijamin memiliki kualitas yang sama dengan yang dijual di pasaran, karena Alner telah bekerjasama dengan distributor-distributor resmi penyedia produk. Semua kemasan produk yang dibeli di Alner dapat dikembalikan untuk mendapatkan reward berupa cashback.


Dalam mendistribusikan produk rumah tangga yang returnable, Alner juga meningkatkan aspek keterlacakan dengan menggunakan teknologi, mengingat bahwa satu botol Alner akan dipakai ulang hingga maksimal 20 kali. Setelah 20 kali pemakaian, kemasan Alner akan berhenti dipakai kembali dan didaur ulang.



Meski botol-botol yang Alner pakai untuk menjual produk rumah tangga semuanya merupakan kemasan pakai ulang, kebersihannya tetap terjamin karena Alner menggunakan mesin semi otomatis untuk membersihkan kemasan, melakukan tes di laboratorium untuk mengukur tingkat mikroorganisme di kemasan yang telah dibersihkan, serta menggunakan bahan pembersih khusus yang tidak akan merusak botol. 


Dengan membeli produk Alner, kamu akan mengurangi jumlah sampah sachet dan pouch ke lingkungan dari sumbernya. Hal ini penting, karena meskipun kamu telah memilah sampah anorganik dan menyerahkannya ke pihak pengelola sampah profesional, sampah sachet dan pouch ini masih sangat sulit didaur ulang sehingga dihargai sangat rendah di pasar, sehingga rentan bocor ke lingkungan. 



Sejak proyek percobaan Alner waktu itu dimulai pada Maret 2020 hingga Juni 2022, Alner telah berhasil mencegah lebih dari 165 ribu kemasan sekali pakai yang berpotensi terbuang ke sungai setelah tergantikan dengan kemasan Alner. Alner juga telah mengurangi 286 kg emisi CO2 dari metode pengantaran kurir sepeda Westbike Messenger Service. 


Ada beberapa cara mengembalikan kemasan kosong Koinpack. Pertama, jika melakukan pembelian ke mitra, kemasan dapat dikembalikan langsung ke mitra. Kedua, jika membeli melalui channel daring, dapat dikembalikan ke kurir Alner atau Westbike Messenger Service saat pengantaran produk pada pembelian selanjutnya. Terakhir, jika membeli via e-commerce, bisa meminta penjadwalan penjemputan kemasan secara gratis melalui WhatsApp Alner atau mengisi form kembalikan botol.


Jika kemasanmu tidak lagi sempurna setelah pemakaian, jangan khawatir, Alner masih menerima kemasan penyok, tutupnya hilang, dan lain sebagainya asalkan kemasan masih berwujud. 


Cari tahu lebih lanjut soal Alner di sini. Pembelian produk rumah tangga nol sampah dari Alner bisa dilakukan melalui Tokopedia, Shopee, serta WhatsApp.

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page