• Cleanomic

Belanja minim sampah di M Bloc Market



M Bloc Market adalah bagian dari M Bloc Space, sebuah creative hub kekinian, yang terletak di sebelah Terminal Blok M, Jakarta Selatan.


Tempat ini dulunya adalah kompleks Peruri yang digunakan untuk menyimpan alat produksi uang, dokumen berharga milik negara, sampai fasilitas olah raga karyawan Peruri. Setelah terbengkalai selama puluhan tahun, akhirnya area ini sekarang berubah dan dikembabngkam menjadi creative hub yang kekinian banget.

Pas masuk kita harus diukur dulu suhunya, cuci tangan, lalu mendaftar dan mengisi formulir kesehatan. Meskipun ini di area terbuka dan satpamnya juga suka ingetin orang2 untuk jaga jarak, tapi menurut aku pribadi jumlah manusianya masih aga rame sih, jadi lumayan bikin anxious sedikit.


Cuman emang maklum juga karena tempatnya lagi hits banget, ada banyak cafe dan resto, museum peruri, ada galery dan creative hall (kebayang banget ini bisa jadi tempat ngadain event yang seru), berbagai tempat outdoor yang instagramable dan tempat bikin tiktok, toko pernak pernik, dan terakhir yang aku pengen datengin adalah si mbloc market ini.


Mbloc market basically toko kelontong atau supermarket, tapi yang bikin spesial adalah mereka banyak menjual produk artisan dan UKM lokal. Sekitar 70 persen produk yang dijual di toko kelontong di M Bloc Market berasal dari berbagai UMKM, dan 30 persen lainnya merupakan produk ternama yang sudah dikenal masyarakat.

Ada produk-produknya juga lengkap, dari fresh produce seperti sayur, buah, dan protein, mereka juga punya berbagai produk khas bulkstore dari bulksource dan saruga, berbagai produk skin care, personal care, snack dan makanan lokal juga banyak disini. Dan favorit aku sih bagian frozen food section-nya yah, soalnya ada greenbutcher yang sekarang udah ganti nama jadi greenrebelsfood.


Buatku, kalau belanja disini sih lumayan lengkap dan mencukupi kebutuhan sehari-hari.


Oh satu hal lagi, mbloc market mengkaryakan temen-temen penyandang disabilitas sebagai kasir. Seumur hidup, baru kali ini aku ketemu kasir disebuah toko yang tidak bisa mendengar dan pengalaman berbelanjaku ga ada masalah sama sekali. Mereka tetap bisa berkomunikasi dengan baik dengan baik.

Salut banget nih inisiatif pemerintah dan para penggagas m bloc space ini, kalau ga pandemi, mungkin tempat ini bakal jadi tempat favorit aku buat hang out sama temen-temen.

Seneng banget sih udah makin banyak bisnis yang makin mendukung #cuanlestari kaya gini!


Sumber:

https://kumparan.com/millennial/m-bloc-market-resmi-dibuka-didominasi-produk-umkm-dan-brand-lokal-1vNytbTvnoO/full

47 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua