top of page

Berkunjung ke TPST Bantargebang | Forest Is Our Friend x Cleanomic


Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang paling umum terjadi di seluruh dunia khususnya Indonesia. Sampah dapat didefinisikan sebagai sisa buangan dari kegiatan manusia yang tidak memiliki nilai ekonomis. Sampah dapat berasal dari berbagai sumber, seperti rumah tangga, industri, dan pertanian.


Menghimpun dari datadoks Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DKI Jakarta menghasilkan 3,11 juta ton sampah sepanjang tahun 2022. Jumlah ini menjadikan DKI Jakarta sebagai provinsi dengan timbulan sampah terbanyak keempat di Indonesia.


Beberapa waktu Forest Is Our Friend bareng minomic berkesempatan untuk berkunjung ke TPST Bantargebang, disana kita melihat langsung tumpukan sampah yang tingginya mencapai 40 meter atau setara dengan gedung 16 lantai.  Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang ini merupakan milik Pemprov DKI di Kota Bekasi dan yang terbesar di Asia yang memiliki luas 104,7 hektar serta sudah beroperasi sejak tahun 1989.



Setiap harinya, TPST ini kedatangan 1.300-an truk sampah dengan total 7.000 sampai 8.000 ton sampah dari seluruh area di Jakarta, setiap truk sampah akan didata dan ditimbang, lalu sampah dibuang secara estafet menggunakan alat berat lalu dipadatkan dan sampah di landfill ini juga diolah menjadi energi di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah yang merupakan PLTsa pertama di Indonesia.


PLTSa ini bisa membakar 100 ton sampah dan menghasilkan 700 kilowatt perjamnya, selain itu ada pengelolaan air sampah dan juga pencucian truk sampah yang dilakukan secara rutin serta penghijauan untuk menanam pohon agar struktur tanah menjadi lebih baik


Membuang sampah yang tidak dipilah dapat menciptakan masalah baru, bahkan setelah sampah tersebut diangkut oleh petugas kebersihan. Masalah tersebut tidak hilang, melainkan hanya berpindah tempat dan menjadi masalah bagi orang lain.


Di sisi lain, sampah juga dapat menciptakan ekosistem ekonomi, mulai dari banyaknya pemulung yang mencari bahan baku untuk dijual, hingga perusahaan pembangkit listrik yang memanfaatkan sampah sebagai sumber energi.


Yuk lebih bijak berkonsumsi dan mari kurangi jumlah sampah kita!


Sumber : 


1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Komentarze


bottom of page