top of page

Buang Disini: Solusi Pengelolaan Sampah di Indonesia


Dalam era modern ini, tantangan terbesar yang dihadapi manusia adalah pengelolaan sampah, Seiring kesadaran akan dampak negatifnya terhadap lingkungan, banyak startup yang berinovasi untuk mencari solusi berkelanjutan. Salah satu sektor yang menonjol adalah startup yang mengolah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat. Buang disini salah satunya. 


Didirikan oleh Amanai Koeswara, Rezha Varianto Yudhistira dan Arga Wicaksono Daryadi, Sejak 2017, Buang Disini, yang awalnya hanya sekumpulan mahasiswa pecinta lingkungan, bergerak untuk mengatasi permasalahan sampah. Pada tahun 2020, Buang Disini mulai memproses sampah plastik, dan pada tahun 2022, Buang Disini resmi menjadi startup dengan mengembangkan aplikasi mobile untuk penanganan sampah.


Buang Disini merupakan startup yang berkomitmen untuk mengubah sampah menjadi komoditas berharga dan menguntungkan dengan mengembangkan solusi inovatif yang meningkatkan transparansi dalam industri sampah dan daur ulang.


Tujuan mereka adalah memberdayakan pelanggan dengan wawasan berbasis data yang memungkinkan operasional lebih efisien, efektif, dan berkelanjutan.



Buang Disini memiliki 3 layanan : 


Pertama, Smart Waste Center yang merupakan pabrik recycling, saat ini Buang Disini mengolah 2 jenis sampah yakni plastic waste recycling yang mengubah sampah menjadi semi-raw material dalam bentuk bales plastic dan flakes yang nantinya digunakan lagi oleh industri untuk dijadikan produk baru, kalian juga bisa lihat produknya disini ya!


tidak hanya jenis plastik saja yang mereka olah, mereka juga mengolah minyak jelantah menjadi kebutuhan menjadi kebutuhan biodiesel.


Smart Waste Center menggunakan teknologi canggih dan digitalisasi untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan baku berkualitas tinggi secara efektif. ada lebih dari 390 (Ton) yang mereka olah, lebih dari 50 pemulung yang bermitra, lebih dari 850 pemulung diberdayakan dan lebih dari 500 generasi muda yang berpartisipasi dan berdampak.


Kedua, Community Development, Buang disini memberdayakan serta melibatkan komunitas dalam penerapan sirkularitas. dalam hal ini Buang disini menawarkan workshop, training session dan inisiatif CSR untuk movement yang berpusat pada iklim dan isu ekonomi sirkular melalui NGO mereka yang bernama Climater. Community Development ini bergerak di 3 sektor utama: perusahaan, komunitas, dan pendidikan. Program tersebut adalah Buangdsini Drop Point, Buangdisini Goes To School, Avant Garde Waste Art Installation, A Day With Pemulih Bumi, World Clean Up Day, Ce-You Tomorrow, Waste Management Partner dan lainnya.



Ketiga, Mobile Apps Buang Disini, merupakan platform one click yang memberikan aksesibilitas kepada para penyetor sampah didesain dengan fitur aksesibilitas yang baik, aplikasi Buangdisini memungkinkan pengguna dengan kebutuhan berbeda untuk mengakses aplikasi dengan mudah, update harga sampah Buang disini menawarkan harga jual yang kompetitif untuk setiap jenis sampah yang ditukarkan berdasarkan harga pasar sebenarnya untuk setiap jenis sampah, proses penarikan dana, dalam Aplikasinya memiliki proses penarikan yang disederhanakan sehingga pengguna dapat menarik uang mereka dengan mudah dan cepat. dan integrasi data transparan, mereka menjamin keamanan data pengguna dan menyediakan data transaksi yang terintegrasi secara transparan sehingga pengguna dapat memantau setiap transaksi yang dilakukan. Aplikasi ini diliris pada 15 Oktober 2022 dan sudah lebih dari 1000 yang mendownload.


Buang Disini berkomitmen untuk menjadi solusi pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Startup ini terus berinovasi untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas layanannya.


Oiya kalian bisa download aplikasi Buang Disini di Appstore dan Google Playstore untuk dapet #cuanlestari!


Sumber 


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page