top of page

Genau Indonesia: Ekowisata sebagai Sumber #CuanLestari



Haloooo, Minomic persembahkan ini diaaa...Genau Indonesia, penyedia layanan ekowisata di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah. Ekowisata berkelanjutan yang mulai diresmiin sejak 2020 lalu ini mengajak kita semua untuk sejenak kembali ke alam, terus merasakan hidup secara tradisional bareng masyarakat lokal. Area seluas 7.308,5 hektare ini dihuni oleh sekitar 12.000 warga yang tersebar di 9 desa. Kalo berwisata ke sini, enaknya tuh bareng keluarga, anak-anak, atau temen-temen, soalnya selain bikin kita rileks, juga pastinya kita akan belajar hal-hal baru yang seru buat dilakuin barengan. Contohnya, bikin gula aren sendiri, foraging/meramban tumbuh-tumbuhan liar yang bisa dimakan, masak makanan lokal, main Gamelan, melihat situs-situs bersejarah, dan banyak lagi. Kita bisa atur mau ikut open trip atau private trip-nya mereka.


Hutan Petungkriyono disebut supermarket alam soalnya di situ banyak banget tumbuhan yang bisa dimakan, tapi untuk menjaga keberlanjutan ekosistemnya, mengambilnya pun nggak boleh berlebihan. Selain tumbuhan, hutan ini juga jadi rumah untuk hewan-hewan eksotis, salah satunya Lutung Jawa (Trachypithecus auratus), hewan yang paling gampang dijumpai di sini.

Genau Indonesia juga punya banyak workshop dan short course yang santai dan seru. Pengunjung akan diperkenalkan dengan ekosistem sungai dan biota sungai, edible food forest, tanah dan vermicompost, hubungan hutan dengan keanekaragaman hayati dan masyarakat lokal, serta berkebun secara organik. Mereka juga aktif mendukung riset yang berhubungan dengan kelestarian satwa dan ekosistem, misalnya trenggiling Sunda dan capung jarum.


Genau ini jadi bukti kalo ekowisata di suatu desa juga bisa jadi sumber #cuanlestari untuk masyarakat sekitarnya. Jadi, ayooo sekarang kita dukung, mulai dari kepoin website mereka https://genau.id/wp/ atau WA 085712959698 untuk tau lebih lanjutnya yaaah!



11 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page