top of page

Greenhost Boutique Hotel : Hotel Ramah Lingkungan Di Yogyakarta


Hotel ramah lingkungan bukan hanya tempat menginap biasa, melainkan destinasi yang mempromosikan keseimbangan antara kenyamanan dan keberlanjutan lingkungan. 


Beberapa waktu lalu, Minomic jalan-jalan keliling Pulau Jawa bareng keluarga dan tempat pemberhentian pertama Kami di Jogja dan Kami menginap di Greenhost Boutique Hotel.



Greenhost Boutique Hotel merupakan salah satu hotel ramah lingkungan di Prawirotaman, Yogyakarta. Greenhost hotel komit banget terhadap ramah lingkungan dimulai dari pemanfaatan energi yang efisien, pemilihan material bangunan yang tepat, pemberdayaan lingkungan dan masyarakat, serta tata sirkulasi udara dan penghematan penggunaan air.


Penggunaan material alami dan material bekas pada desain hotel ini merupakan upaya pemberdayaan alam yang bebas dari sampah atau bahan sisa. Greenhost Hotel banyak  memanfaatkan kayu bekas sisa industry maupun material ramah lingkungan lainnya. 



Agricrafture merupakan konsep yang diterapkan oleh Greenhost Hotel, yang dimana memadukan pertanian dan keahlian dalam satu atap. Di atap bangunan hotel terdapat green rooftop yang digunakan untuk membudidayakan tanaman. Tanaman yang dibudidayakan di taman atap ini adalah sayuran organik yang ditanam dengan sistem hidroponik. Sistem hidroponik ini menggunakan pipa paralon berlubang sebagai media tanam.


Setiap hari, Creative Farm rooftop Greenhost Hotel, sayuran budidaya hidroponik seperti kubis segar, bayam, mint, basil, serta herba dan sayuran, dipanen dan diolah hal ini memberikan experience baru bagi tamu Greenhost Hotel. Para tamu juga dipersilakan untuk menghadiri kelas pertanian kota dan hidroponik di creative farm.



Gak cuma penerapan green arsitektur dan sustainable desain, Greenhost Hotel juga jadi tempat dan galeri bagi para seniman lokal untuk memajangkan karya mereka di Green Art Space. Green Art Space sendiri dirancang khusus untuk melayani pameran karya seniman lokal, proyek kreatif, dan inisiatif visual.


Oiya hotel ini didesain oleh arsitek terkenal yaitu Pak Paulus Mintarga. Kalian tertarik ga untuk menginap di Greenhost Hotel?


24 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page