top of page

Kamiantar Jakarta: Bike Messenger Jadi Solusi Kurangi Polusi di Jakarta


Berbicara tentang Jakarta apa yang ada di benak pasti tidak jauh dari kota padat dengan gedung-gedung kokoh yang mengkilap di siang hari dan menyala di malam hari. Jakarta menawarkan kemegahan dan kesejahteraan tapi dengan kepadatan penduduknya, Jakarta juga menawarkan aspek lain, kemacetan dan polusi.


Kemacetan dan polusi Jakarta memang menjadi masalah yang membutuhkan penyelesaian kompleks. Terkait polusi, meski diklaim bersumber utama dari asap kendaraan bermotor, pada tahun 2020 saat pandemi COVID-19 melanda yang mengharuskan masyarakat #dirumahaja, mengurangi aktivitas di luar termasuk bekerja, CREA melaporkan jika kualitas udara Jakarta masih tetap dalam tingkat sedang hingga tidak sehat. Nah, isu kemacetan dan polusi ini juga berusaha diselesaikan oleh Kamiantar Jakarta.




Kamiantar Jakarta merupakan perusahaan jasa pengiriman barang yang berkomitmen penuh untuk mengurangi polusi di Jakarta dengan penggunaan sepeda sebagai alat transportasinya. Kamiantar menerima order untuk pengiriman dokumen, barang, hingga makanan dengan menawarkan jaminan keamanan, efisiensi, dan handling with care. Kamiantar bermula dari kecintaan sang founder, Niki Bagoes Rizky atau akrab disapa Ikin pada kegiatan bersepeda. Ikin aktif bersepeda sejak tahun 2013, hingga di satu waktu Ikin merasa jenuh dengan dinamika jalanan Jakarta yang selalu macet dan penuh polusi.


Dari pengalamannya berkumpul bersama komunitas pecinta sepeda, Ikin kemudian mendapati ada peluang usaha. Ketimbang hanya bersepeda "tidak jelas" di tengah polusi, alangkah bagusnya jika bersepeda juga bisa menjadi aktivitas yang menghasilkan. Jasa kurir sepeda kemudian menjadi pilihan Ikin sebagai usaha yang sesuai dengan hobi, passion, dan lifestyle-nya.


Sebelum resmi mendirikan Kamiantar, aktivitas menjadi kurir sepeda ini sudah dilakoni Ikin dan teman-temannya yang tergabung dalam komunitas Bidonesia. Bidonesia merupakan wadah bagi anak muda pesepeda Fixie urban yang didirikan Ikin di tahun 2016, dengan anggotanya berasal dari Jakarta, Bogor, Lampung, Bali, hingga Malaysia dan Swiss. Sementara itu, Kamiantar resmi didirikan dan aktif beroperasi di tahun 2017. Melalui dua entitas ini kemudian mengantarkan Ikin dan teman-temannya untuk berkesempatan mengikuti kompetisi "bike messenger" skala global, di antaranya Holycrit yang diadakan di Singapura pada Desember 2017 dan Cycle Messenger World Championships (CMWC) atau kompetisi bersepeda perkotaan untuk memilih yang terkuat, terpandai, dan tercepat yang dilaksanakan di Riga, Latvia pada 2018 lalu.


Sejak 2017 hingga saat ini, Kamiantar telah melayani pengiriman lebih dari 15.000 barang ke berbagai daerah tujuan mulai dari Jakarta, Tangerang, hingga Bekasi. Kamiantar juga sudah bermitra di antaranya dengan Pedal Kopi, Lion Parcel, Grabba Java, Brush Stay Clean, Hook Straps, dan Simple Shumay. Tahun 2020, Kamiantar meluncurkan Kamiantar Kebaikan, sebuah gerakan berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Gerakan ini juga bermitra dengan Heal Beverages.


Lewat eksistensinya, Kamiantar ingin bisa memberi edukasi kepada masyarakat bahwa bersepeda bukan hanya kegiatan yang "biasa-biasa saja", tapi juga bisa menjadi cara transportasi yang handal, media olahraga, hingga menjadi bisnis "bersih" seperti yang dilakukan Kamiantar. Kamiantar berharap masyarakat bisa semakin aware dan mengakui keberadaan kurir sepeda. Tak hanya dalam rangka mewujudkan pengurangan polusi, dukungan masyarakat terhadap kurir sepeda akan mendorong perluasan lapangan kerja karena Kamiantar sendiri menerima banyak permintaan dari anak-anak muda yang ingin bergabung menjadi racer Kamiantar.


Kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya yang punya keperluan kirim dokumen ke kampus, kirim makanan ke orang tua, atau keperluan pengiriman barang lainnya yang gak pakai tunggu lama, bisa coba gunakan layanan dari Kamiantar Jakarta ini. Ada tiga layanan yang ditawarkan, Antar Reguler, Antar Corporate, dan Antar Rush yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Permintaan pengiriman barang bisa langsung via WhatsApp Kamiantar ya!


Masih penasaran tentang Kamiantar Jakarta? Yuk, simak lebih banyak bincang-bincang Cleanomic bersama Roy Megaantara, selaku Tim Manajemen dari Kamiantar Jakarta. Simak podcastnya ya!


Contact Kamiantar Jakarta

Lokasi : Jakarta

Founder : Niki Bagoes Rizky



Sumber:

Natasya Kusuma. "Kamiantar Jakarta". https://youtu.be/GCFNQDkLmiE?si=hhhpr292ziJKEwKS

Antara News. "Bidonesia dari Kurir Sepeda Sampai Kompetisi Global". Antara news com. https://banten.antaranews.com/berita/28908/bidonesia-dari-kurir-sepeda-sampai-kompetisi-global


9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page