• Cleanomic

Membangun kebun pangan di lahan sempit


Melanjutkan cerita kolaborasi kami bareng @kebunkumara untuk membangun kebun pangan di @MinisponsibleHouse, akhirnya waktu yang ditunggu datang juga, yaitu jadwal worskhop design bareng tim landscape.


Dalam proses ini, tim kebun kumara datang ke rumah kami untuk memberikan materi dan penjelasan mengenai teknik berkebun, sekaligus melakukan design landscape kebun on the spot bareng kami.

Workshop ini berlangsung 4 jam dengan agenda utama sebagai berikut:


  1. pembukaan dan perkenalan

  2. permaculture design

  3. analisis sektor dan diskusi needs vs wants

  4. referensi design

  5. plot denah

  6. gilda tanaman; dan

  7. tips konstruksi


Padat banget materinya dan 4 jam itu ga berasa banget!


Kami banyak diskusi soal jenis-jenis tanaman yang kami ingin tanam di rumah serta proses dan tips pembibitan dan perawatannya bagaimana.


Di akhir sesi, kami memperoleh gambar design yang cukup komprehensif menggambarkan rekomendasi landscape untuk kebun pangan kami. Ukurannya juga sesuai dengan skala dan mengikutsertakan penjelasan mengenai jenis-jenis tanaman pada setiap bagian. Gambar design ini sudah dapat digunakan sebagai acuan proses konstruksi untuk kontraktor yang kami tunjuk.


Proses lengkapnya ada di video ini yah, jangan lupa follow dan subscribe youtube channel dan daftar newsletter supaya kamu ga ketinggalan cerita membangun kebun pangan di @MinisponsibleHouse dan/atau cerita seputar #HidupLestari.


32 tampilan0 komentar