top of page

Beli Jelantah : Peluang #CuanLestari dari Minyak Jelantah

Diperbarui: 7 Des 2023



Minyak menjadi salah satu konsumsi utama di setiap rumah tangga, coba deh cek ke dapur rumahmu, ada minyak goreng nggak disana? Menurut data BPS masyarakat Indonesia terbiasa menggunakan minyak goreng, terutama minyak goreng sawit. BPS mencatat permintaan minyak goreng sawit terus meningkat sekitar 2,3% per tahun sejak tahun 2015-2021. Menurut data Index Mundi, konsumsi minyak sawit di Indonesia mencapai 15,4 juta ton sepanjang 2021 dan ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan konsumsi minyak goreng sawit terbanyak di dunia.

Beli Jelantah merupakan startup yang khusus mendirikan bisnis untuk monetize supply dan demand ini. Di episode sebelumnya kita udah sempet ngobrol apa sih biodiesel, terus biodiesel dibuat dari kelapa sawit dan bisa ga sih kelapa sawit itu sustainable, nah sekarang bahas soal biodiesel yang dibikin dari minyak jelantah alias minyak bekas pakai.


Faris, founder dari Beli Jelantah yang background pendidikannya teknik kimia ini sudah bergelut dengan limbah minyak jelantah sejak bangku kuliah. Hingga lahirlah beli jelantah pada tahun 2018 dan terus berkembang hingga sekarang. Dengan latar belakang teknik kimia, Ia sudah tau ilmu terkait bagaimana mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel, sehingga setelah lulus Ia mencari supply dan demandnya sekaligus memvalidasi ide bisnisnya yang menggabungkan ilmunya dengan skill entrepreneurship yang Ia punya.

Beli Jelantah ini membuka mata kita bahwa minyak bekas goreng-menggoreng di dapur itu mesti dikelola dengan benar. Minyak jelantah ini kalau dibuang sembarangan bisa mencemari air dan lingkungan kita, jadi oleh Beli Jelantah, minyak bekas ini dijadikan biodiesel. Faris mengatakan, emisi gas buang dari biodiesel dari minyak jelantah lebih oke dari biodiesel yang langsung menggunakan sawit yang pengurangan emisi CO2nya bisa mencapai 83%.


Saat ini Beli Jelantah masih banyak beroperasi di Jabodetabek namun sudah mulai berkembang juga ke beberapa area lain, dan harapannya bisa menjangkau seluruh Indonesia. Kalau kamu mau berpartisipasi untuk memperluas manfaat #cuanlestari bisa banget loh mengirim minyak jelantah kamu ke Beli Jelantah. Kamu tinggal mengumpulkan minyak jelantah yang kamu hasilkan di rumah di satu tempat, disarankan pakai jerigen ya. Lalu, kamu bisa menghubungi tim Beli Jelantah melalui WhatsApp dan nanti akan ada tim Beli Jelantah yang menjemput minyak jelantah kamu. Setiap liter minyak yang kamu kumpulkan juga akan mendapatkan cash reward loh!

Sampai saat ini sudah sampir 200 juta liter minyak jelantah yang diterima oleh Beli Jelantah dan ini artinya Beli Jelantah telah menyelamatkan sekitar 200 juta liter perairan Indonesia dan hampir 550 ribu kg yang dikurangi. Kamu bisa menjadi bagian dari aksi ini dengan ikut mengumpulkan minyak jelantah kamu dan mengirimkannya ke Beli Jelantah.

Kamu juga bisa follow instagram @belijelantah untuk mengetahui informasi terbaru atau membeli produk hasil produksi Beli Jelantah di websitenya.

Dalam podcast kolaborasi Cleanomic Radio dengan Yayasan Madani Berkelanjutan, di salah satu episodenya kita juga ngobrol dengan Faris Razanah Zharfan, Founder dari Beli Jelantah lho! Biar tau lebih banyak lagi mengenai Beli Jelantah kamu bisa simak obrolan lengkapnya disini yaaa!


Contact Beli Jelantah

Lokasi : Jakarta

Founder : Faris Razanah Zharfan


513 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page