top of page

Pesantren Tahfidz Green Lido : Aktualisasi Konsep Wakaf Produktif dengan Konsep Hijau


Pesantren Tahfidz Green Lido menjadi pesantren pertama berkonsep hijau yang dibangun oleh Dompet Dhuafa berbasis Wakaf Produktif di Lido-Sukabumi telah diresmikan pada hari minggu 20 Oktober 2023.


Berdasarkan holopis.com, peresmian Pesantren Tahfidz Green Lido ditandai dengan acara tasyakuran masjid, peletakan batu pertama hingga groundbreaking. PTGL berdiri diatas lahan subur serta hijau seluas 2,2 hektar dan dilengkapi dengan green house untuk tanaman hidroponik yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan santri.



Pesantren Tahfizh Green Lido (PTGL) merupakan model pesantren mandiri, unggul, dan modern setingkat SMA yang berfokus pada tahfizh, dirasah Islamiyah, sains Islam, dan kepemimpinan yang mengacu kepada framework Al-Qur’an. memiliki misi menyelenggarakan model pesantren mandiri, unggul dan modern berbasis wakaf produktif, melahirkan pemimpin masa depan yang memahami framework Qurani dan menjadi pesantren model dalam kajian Al-Qur’an, sains islam dan kepemimpinan islam.


Pesantren ini dibangun untuk memfasilitasi para calon penghapal Al-Qur’an dan dipadukan dengan beragam pelatihan seperti enterpreneurship, management dan pengabdi masyarakat. Selain itu, para santri dan warga sekitar juga akan dilatih untuk pemberdayaan agribisnis berbasis wakaf produktif bernama wakaf green house Lido. hal itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani muda dan lokal.



PTGL ini peruntukkan bagi para santriwan dan santriwati yang kurang mampu, tetapi memiliki kemampuan intelektual dan kemauan yang tinggi untuk menuntut ilmu. Program Belajar, proses belajar menghafal Al-qur’an di E-Tahfidz School Dompet Dhuafa menjadi gambaran program belajar di Pesantren Tahfidz Green Lido. Pesantren ini ditargetkan melahirkan penghafal Qur’an yang berkompetensi dai dan pemimpin umat.


Kurikulum PTGL memiliki keunggulan dalam pengembangan kurikulum Al-Qur’an, Islam studies, sains islam dan kepemimpinan yang dirancang secara mandiri. para calon santriwan dan santriwati yang berasal dari seluruh Indonesia ini akan melewati berbagai tahap seleksi  


Program ini merupakan pengembangan pengelolaan wakaf dengan investasi sosial sektor riil di bidang perkebunan dan pertanian. PTGL menjadikan wakaf produktif sebagai instrumen kemandirian, pengembangan dan keberlanjutan lembaga. Kalau kalian tertarik untuk berkontribusi melalui program wakaf ini, bisa cek informasi lebih lanjut disini ya!



Sumber


19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page