top of page

Serba-serbi Castile Soap


Kamu pasti sudah tahu kan bahwa Cleanomic punya produk yang bernama castile soap. Jadi, apa sih castile soap itu? Memang bisa dipakai untuk berbagai hal ya? Yang belum tahu, castile soap adalah sabun nabati yang luar biasa fleksibel yang dibuat bebas dari lemak hewani dan bahan-bahan sintetis. Sabun alami, tidak beracun, dan dapat terbiodegradasi ini tersedia dalam bentuk batangan atau cair. Secara tradisional istilah castile, berkenaan dengan sabun, mengacu pada sabun putih keras yang terbuat dari minyak zaitun. Castile soap dinamai dari wilayah Castile Spanyol di mana mereka membuat sabun hanya menggunakan minyak zaitun. Hebatnya, tak hanya sabun ini terbuat dari material ramah lingkungan, castile soap bisa dipakai untuk berbagai hal loh, seperti:

  1. Shampoo, dengan mencampur castile soap dan air dengan proporsi 1:3, voila! Jadi deh shampoo natural kamu. Untuk rambut kering, kamu bisa tambahkan minyak kelapa

  2. Body wash, buat body wash dengan pelembab dengan cara mencampur castile soap kamu dengan madu ya.

  3. Sabun cuci piring, sabun pencuci piring (untuk mencuci tangan) atau sabun tangan cair (untuk mencuci tangan) hanya dengan mencampurkan rasio 1: 1 dari castile soap ke air.

  4. Pencuci buah dan sayur, buatlah sabun cuci sayuran sederhana dari castile soap. Tambahkan 1 sendok makan sabun kastil ke dalam 2 gelas air.

  5. Sabun pel, campurkan 2 sendok makan sabun castile cair dan 1 galon air panas ke dalam ember untuk mengepel lantai Anda.

  6. Sabun mandi hewanmu, dengan mencampurkan castile soap dan air dengan proporsi 2:1, kamu bisa memandikan hewan peliharaanmu.


Banyak yah kegunaan castile soap untuk di rumahmu. Jangan lupa untuk berkreasi dengan menambahkan essential-essential oil sesuai selera kamu ya biar sabun-sabun dari castile soap ini wangi dan juga mampu merawat kulitmu sesuai dengan kebutuhannya. Yuk, tonton tutorial castile soap oleh Cleanomic agar kamu bisa langsung buat di rumah! Kamu bisa beli castile soap di Cleanomic yah, bisa tukar botol dan refill juga loh di mini zero waste store kami!

39 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page