top of page

SiSa Pilah: Memastikan Acara Bahagiamu Minim Sampah


Momen-momen bahagia biasanya identik dengan perayaan besar, banyak tamu yang datang untuk turut meramaikan kebahagian pemilik acara. Sebagai pemilik acara kadang kita tuh jadi sering lupa kalau acara-acara besar seperti ini juga akan menghasilkan banyak sampah. Makanya kalau kita datang sebagai tamu sebaiknya sebisa mungkin kita membuang sampah pada tempatnya dan tidak menyisakan makanan yang sudah kita ambil. Makanan yang terbuang sia-sia dapat menjadi salah satu penyumbang dampak lingkungan terbesar lho!


Sebenernya sebagian pihak penyelenggara acara besar seperti pernikahan, seminar, pameran, dan event lainnya, nggak ingin kok menghasilkan sampah di acaranya. Tapi, prakteknya sulit banget dihindari, mulai dari limbah makanan & minuman beserta kemasannya, dekorasi, undangan, media publikasi, dan lainnya. Pemahaman pengelolaan sampah yang belum merata dan kurangnya penyelenggara event organizer (EO) yang fokus untuk membantu menyelenggarakan acara less waste menjadi beberapa faktor kenapa dalam sebuah acara bisa muncul timbunan sampah atau limbah yang begitu banyak.



Menjawab kebutuhan tersebut, sekarang ada nih EO yang bisa membantu kita bikin acara dengan konsep yang less waste atau minim sampah, mereka adalah @sisapilah. SiSa Pilah adalah Event Organizer yang fokus dalam pengelolaan sampah di event-event besar seperti pesta pernikahan, ulang tahun, seminar, dan lain-lain. Gimana caranya?


Selama acara berlangsung, volunteer SiSa Pilah akan secara aktif mengedukasi para tamu/ pengunjung dan juga para pengelola catering bagaimana cara memilah dan membuang sampah yang benar dan menyediakan kotak sampah yang telah dibedakan sesuai dengan jenis sampahnya di lokasi-lokasi yang strategis. Sehingga proses pemilahan sudah dimulai sejak dari sampah tersebut dibuang.


Di akhir acara, sampah-sampah tersebut akan langsung dikirim ke bank-bank sampah mitra SiSa Pilah yang lokasinya paling dekat dengan venue acara. Sampah akan diolah menjadi produk lanjutan dan penyelenggara acara juga bisa menelusuri kemana jejak sampahnya berakhir, dan menjadi produk apa.



Ya, SiSa Pilah akan memastikan sampah-sampah yang telah dipilah tidak berakhir ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS), melainkan akan diolah kembali bersama pihak-pihak seperti pembudidaya maggots, bank sampah, dan komunitas daur ulang. Selain pakan maggots, sampah organik juga akan diolah menjadi pupuk organik dan pakan ternak. Sedangkan sampah lainnya akan di daur ulang sesuai jenisnya menjadi produk baru yang siap dipasarkan.


SiSa Pilah menyediakan 3 jenis paket yaitu paket pernikahan,  paket seminar dan pameran, serta paket custom yang kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan acaramu. Buat tau pricelist lengkapnya dan liat cerita temen-temen yang udah pakai jasa SiSa Pilah, kamu bisa cek Instagramnya langsung yaaaa.



Sebenernya ada banyak upaya yang bisa dilakukan untuk membuat acara kita bertema lingkungan, misalnya dengan melarang penggunaan plastik di acara kita, mengadakan penanaman pohon untuk menyerap emisi di lokasi acara dan banyak lagi lainnya. Semua bisa didiskusikan bareng SiSa Pilah!

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page