top of page

Rawhaus: Sustainable Micro Housing is the Future!

Diperbarui: 19 Mar



Rumah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Banyak yang sengaja menabung dalam nominal tertentu untuk bisa mendapatkan hunian idaman mereka. Ada beberapa orang yang menyukai hunian dengan segala kemewahan, namun tidak sedikit juga yang lebih menyukai hunian minimalis yang bisa memaksimalkan produktivitas kita.

Tapi kalian sadar nggak sih jika dalam proses pembangunan rumah juga harus memperhatikan secara teliti manfaat dan dampak yang kita rasakan saat menghuni rumah tersebut. Apakah rumah tersebut sudah cukup nyaman ditinggali? Bahan apakah yang digunakan? Serta dimensi rumah yang harus disesuaikan dengan jumlah penghuni yang menghuni rumah tersebut. Nah, dari berbagai pertimbangan tersebut akan Cleanomic bahas bareng Rawhaus di Cleanomic Radio!


Rawhaus adalah Indonesia's 1st Zero Waste High Performance Microhouse. Bisa dibilang Rawhaus merupakan perusahaan & bangunan berbasis riset dengan berfokus dalam rumah mikro yang mempunyai kinerja tinggi. Singkatnya, Rawhaus ingin membangun rumah mikro efisien yang bisa memaksimalkan kebutuhan penghuni tapi tetap meminimalisir pengeluaran sampah rumah tangga.

Rawhaus dibangun karena mimpi dan idealisme Cassandra tentang konsep berkelanjutan, atau banyak dikenal dengan sistem sustainability. Cassandra percaya bahwa sebuah rumah bisa membentuk gaya hidup seseorang. Jadi sebisa mungkin kita membangun dan menempati rumah yang nantinya akan menggerakkan kita untuk tetap konsisten menjalani #HidupLestari.


Dalam obrolan kali ini, Cassandra menjabarkan arti dari Zero Waste High Performance Microhouse. Dimulai dari zero waste, Cassandra menjelaskan bahwa mulai dari proses konstruksi membangun Rawhaus diusahakan minim sampah. Karena sampah konstruksi juga menjadi penyumbang sampah yang cukup banyak ke TPA. Selanjutnya untuk high performance dilihat dari material apa yang digunakan, ketahanan rumah, dan berapa energi yang dihasilkan untuk menunjang mobilitas penghuni rumah.


Lalu rumah seperti apakah yang bisa disebut sebagai micro house? Untuk menjelaskan pertanyaan ini, Cassandra mempunyai beberapa jawaban relatif yang disesuaikan kembali dengan kebutuhan ruang hidup seseorang sesuai minimum standar per negara tempat tinggal. Jadi dalam pembangunan micro house juga disesuaikan dengan jumlah orang yang akan menempati rumah tersebut.


Yuk simak obrolan selengkapnya bareng Cassandra dari Rawhaus. Oh iya, Cleanomic juga sempat meliput Rawhaus yang bisa kalian simak pada video berikut!


Contact Rawhaus

Lokasi : Banjaran, Bandung

Founder : Cassandra




Sumber :

Image by chandlervid85 on Freepik



36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page