• Cleanomic

Tisu Toilet dan Dampak Lingkungannya

Dalam sehari rata-rata kita bolak-balik ke toilet sebanyak 6 sampai 7 kali, kebayang kan kamu berapa banyak tisu toilet yang kamu gunakan dan buang setiap harinya? Dampak apakah yang terjadi untuk lingkungan dari tisu toilet yang digunakan?

Kalian yang suka memperhatikan atau yang berpengalaman dengan berbagai jenis tisu toilet, apalagi di luar negeri, pasti tahu ada tisu yang kasar dan ada yang lembut dan fluffy/empuk. Ternyata dua jenis tersebut ada karena jenis pembuatannya berbeda. Walaupun sama-sama dari kayu, jenis tisu toilet yang empuk terbuat dari bubur kayu asli dan yang kasar terbuat dari kertas yang didaur ulang. Dikutip dari New York Times, konsumen tisu toilet di Amerika Serikat, yang jumlahnya terbesar di dunia, lebih menyukai tisu yang lembut dan nyaman, yang hanya dapat dipenuhi dengan menggunakan serat kayu dari pohon yang baru ditebang, bukan dari kertas yang didaur ulang.  


Dampak tisu toilet memang besar untuk lingkungan. Brondell, produsen peralatan toilet, menyatakan bahwa 27.000 pohon telah ditebang setiap harinya untuk tisu toilet saja, sedangkan satu buah gulungan tisu toilet membutuhkan 37 galon air dan 17,3 terawatt listrik/tahun. Selain itu, pemutihan tisu toilet membutuhkan 235.000 ton klorin yang mencemari saluran pembuangan air di lingkungan. 


#pollution #earthfriendly #blog #waste #zerowaste #lesswaste #zerowaste

2 tampilan0 komentar