top of page

Bulksource: Toko Kelontong Modern yang Minim Sampah

Diperbarui: 12 Des 2023



Kalau toko yang menjual produk ramah lingkungan atau produk yang siap mendukung kamu untuk bergaya hidup minim sampah mungkin sudah banyak. Tapi toko yang menjual produk-produk rumah tangga dalam versi curah dan dikemas secara modern tapi minim sampah, tentu masih asing buat beberapa orang.


Episode Cleanomic Radio kali ini, kami ngobrol-ngobrol dengan Nicola Rinda, co-founder dari Bulksource karena penasaran banget gimana sih memulai usaha ini. Di tengah pandemik, mereka masih ekspansi loh dan buka beberapa cabang baru, plus launching a sister brand!

Bulksource adalah toko bahan makanan ramah lingkungan (eco-grocery) yang menghadirkan konsep belanja ramah lingkungan dan zero waste. Sedikit berbeda dengan minimarket pada umumnya, store ini menjual kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, sampai produk kesehatan tanpa menggunakan kemasan. Bulksource yang berganti nama dari nama sebelumnya, Bulkstore, menyediakan barang-barang yang sehat & berkelanjutan, yang dapat diisi ulang dengan cara yang praktis dan dapat diakses oleh penduduk perkotaan, sambil mendukung komunitas lokal dan mempromosikan gaya hidup yang sadar lingkungan.

Meskipun konsep curah bukan suatu hal yang baru, karena di pasar tradisional kan juga banyak yah yang curah, tapi toko Bulksource mengangkat konsep belanja minim sampah dengan versi yang lebih modern. Jadi mereka memang khusus mengajak para customernya untuk bawa sendiri jar atau kotak penyimpanan dari rumah dan mengisi ulang produk-produk di toko mereka.



Setelah kurang lebih dua tahun eksperimen, dan set up bisnis ini di tahun 2018, pada Mei 2019 Rinda dan beberapa temannya launching toko pertama Bulksource ini di Menteng, Jakarta. Bulksource saat ini sudah punya 3 toko fisik dan juga ada hadir secara online di marketplace. Kalau kamu mau dengerin gimana cerita lengkap Nicol Rinda terpapar tentang bisnis sustainability dan memulai bisnis ini, bagaimana cara Bulksource menjaga kesegaran dan kehigienisan produknya, how to manage bisnis di era pandemic covid-19 seperti sekarang, hingga rencana kedepan untuk Bulksource. Yuk simak obrolannya dan tungguin episode berikutnya minggu depan. Stay tuned!

Follow dan subscribe Cleanomic Radio di Spotify, Google podcast, Apple podcast dan Noice yah. Kamu juga bisa meninggalkan komentar, pertanyaan atau voice note untuk kami tayangkan di episode-episode berikutnya!

Selamat mendengarkan dan salam #cuanlestari

Contact BulkSource

Lokasi : Jakarta

Founder : Nicole Rinda


65 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page