• Nurpita Sinurat

5 Hal yang harus kamu ketahui dari Sustainability Report Gojek


Baru-baru ini Gojek merilis Sustainability Report, loh. Seperti apa sih Sustainability Report yang dirilis oleh Gojek? Yuk simak kelanjutannya.


1. Sustainability di Gojek


Sebagai salah satu perusahaan tech terbesar di Indonesia dan asia tenggara, tentu langkah ini patut kita apresiasi karena Gojek makin naik kelas dengan memberikan komitmennya terhadap inisiatif #cuanlestari. Tema pada Sustainability Report Gojek pertama kalinya dirilis ini adalah “Menciptakan Manfaat Jangka Panjang bagi Manusia dan Bumi.” Yuk kita terus pantau progress dari program-program yang sudah dicanangkan oleh Gojek!


2. Pendekatan terhadap Sustainability


Berdasarkan Sustainability Report Gojek yang telah dirilis, terdapat pernyataan bahwa dampak sosial ekonomi dan lingkungan merupakan ukuran kesuksesan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan Gojek mengintegrasikan prinsip-prinsip sustainability dalam operasional perusahaan yang merupakan fondasi perusahaan dalam membuat keputusan dalam kegiatan bisnis.


3 pilar pendekatan terhadap Sustainability yang dirilis Gojek adalah:

  • Goforward. Adapun pendekatan goforward adalah pendekatan yang berfokus pada peningkatan peluang sosial dan ekonomi bagi semua orang di dalam ekosistem perusahaan

  • Gogreener. Kemudian, terdapat pendekatan gogreener yang berfokus pada mitigasi dampak lingkungan dari operasional Gojek, serta upaya membantu ekosistem Gojek hidup bertanggung jawab terhadap lingkungan melalui teknologi dan platform perusahaan tersebut

  • Gotogether. Pendekatan terakhir adalah gotogether yang berfokus pada penciptaan kesempatan dan akses yang setara untuk semua orang pada organisasi Gojek.

3. Komitmen Gojek di tahun 2030: The Three Zeros


Perusahaan yang bergerak pada bidang transportasi tersebut menyadari bahwa pentingnya keberadaan sustainability untuk mendukung keberlanjutan bisnis namun tetap memperhatikan lingkungan. Selain pendekatan-pendekatan yang telah diintegrasikan oleh Gojek, perusahaan tersebut juga membuat komitmen di tahun 2030, adapun komitmen tersebut adalah:


Zero Emissions


Gojek berkomitmen untuk menjadi platform yang berkarbon netral dengan bertransisi menjadi 100% kendaraan bertenaga listrik dan menggunakan energi terbarukan pada setiap kegiatan operasional perusahaan tersebut.


Perusahaan Gojek telah melakukan pengukuran jejak karbon pertama untuk mengidentifikasi strategi yang paling efektif dan relevan dalam mengurangi emisi yang akan diimplementasikan oleh perusahaan tersebut. Juga, perusahaan akan berupaya untuk melaporkan jejak karbon langsung (scope 1 dan 2) dan tidak langsung (scope 3) setiap tahunnya.


Zero Waste


Untuk mengimplementasikan pilar zero waste, Perusahaan Gojek berkomitmen untuk menjadi platform yang sirkular dengan tekun berinovasi bersama penyedia solusi hulu dan hilir untuk mengendalikan polusi sampah ke lingkungan melalui upaya Preventing (menghindari terciptanya sampah baru) dan Processing (mengolah apa yang tidak dapat dihindari)


Zero Barriers


Pilar zero barriers bertujuan untuk mengurangi batasan mobilitas sosial-ekonomi di dalam ekosistem Gojek. Pada Sustainability Report Gojek yang pertama, terdapat dua hal yang akan dilakukan untuk mengimplementasikan zero barriers, yaitu membangun ketahanan seluruh mitra dalam ekosistem gojek dalam menghadapi masa depan dan berfokus pada penyediaan peluang penghasilan dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu menurunkan biaya hidup operasional mitra.


4. Strategi Gojek Menuju Masa Depan Berkelanjutan


Gojek menyadari bahwa saat ini perusahaan tersebut masih berada pada tahap awal. Oleh karena itu, perusahaan tersebut menyusun strategi-strategi yang akan mengantarkan mereka kepada masa depan yang berkelanjutan.

  • Gojek akan selalu berupaya menjadi lebih baik dalam perjalanan menjadi perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan terhadap lingkungan hidup

  • Perusahaan Gojek berkomitmen untuk selalu mengukur dampak lingkungan dan sosial ekonomi agar perusahaan disiplin menggunakan data dan sains dalam mengidentifikasi strategi yang paling efektif untuk memperbaiki performa ESG Gojek setiap tahunnya

  • Gojek menciptakan nilai jangka panjang yang berfokus pada optimalisasi operasional, peningkatan kualitas keterlibatan seluruh pemangu kepentingan, dan integrasi sustainability ke dalam setiap aspek signifikan pertumbuhan Gojek.

  • Integrasi Sustainability Gojek bukanlah sekedar slogan, namun perusahaan akan mengevaluasi kinerja ESG dengan kerangka kerja bertingkat Internasional, dan juga berkomitmen untuk mendapatkan berbagai akreditasi global agar setiap orang dapat melihat bukti nyata dari setiap komitmen Perusahaan Gojek


5. The Extra Mile


Perusahaan Gojek tidak hanya berintegritas terhadap perusahaan dan ekosistemnya, namun juga peduli dan berintegritas terhadap masyarakat dan masalah yang sedang terjadi seperti Pandemi Covid yang pada saat ini menyebabkan banyak masalah. Perusahaan Gojek menamai program mereka sebagai The Extra Mile, adapun program yang telah dilakukan meliputi:


Respons perusahaan terhadap Pandemi Covid-19

Perusahaan Gojek tidak hanya peduli terhadap bisnis dan keuntungan yang dicapai, namun juga peduli terhadap masalah yang terjadi seperti pandemic Covid-19. Adapun upaya yang dulakykan perusahaan untuk menangani dan mengurangi dampak buruk pandemic di dalam ekosistem Gojek adalah memberikan bantuan langsung serta memastikan kesehatan dan keamanan para pemangku kepentingan Gojek, mengembangkan produk dan layanan baru untuk memenuhi kebutuhan harian pada pelanggan secara aman saat mereka tetap berada di rumah, dan menciptakan peluang pendapatan baru bagi mitra driver dan mitra usaha untuk mengurangi beban ekonomi mereka.

Membantu UMKM untuk bisa bertahan dan berkembang

Pandemi Covid sangat berdampak kepada setiap bidang, bidang bisnis merupakan salah satu yang terdampak, banyak pelaku usaha khususnya pelaku UMKM yang mengalami penurunan pembelian hingga banyak yang terpaksa menutup usahanya. Oleh karena itu, Gojek meluncurkan beberapa program pelatihan dan kampanye promosi untuk meningkatkan transaksi mitra usaha melalui aplikasi GoFresh.


Kepedulian terhadap pelanggan dan masyarakat luas

Perusahaan Gojek meluncurkan beberapa fitur di aplikasi untuk mengintegrasikan kepedulian perusahaan terhadap pelanggan dan masyarakat luas, adapun program yang dirilis adalah fitur siap masak untuk memberikan banyak pilihan kuliner yang beraktivitas dari rumah, fitur GoFood yang memungkinkan pengguna membeli kebutuhan sehari-hari dari berbagai toko secara daring, dan fitur yang dapat memberikan informasi suhu badan mitra driver dan informasi kebersihan kendaraannya kepada calon pelanggan.


Kamu bisa dengerin penjelasan lebih lanjut langsung dari Head of Sustainability nya Gojek, Mba Tanah Sullivan di podcast ini yah:



Source:


[1] https://www.gojek.com/sustainability/


14 tampilan0 komentar