top of page

Liberty Society : Bisnis Yang Menggabungkan Keberlanjutan Dengan Pemberdayaan Perempuan



Dalam dunia bisnis yang semakin sadar lingkungan, sebagian besar perusahaan merasa perlu untuk mempertimbangkan dampak lingkungan dari operasi mereka. Namun, ada juga perusahaan yang pergi lebih jauh dengan menjadi perusahaan sosial yang berfokus pada produk ramah lingkungan dan berdampak sekaligus berperan dalam memperdayakan perempuan marginal dan pengungsi.


Liberty Society salah satunya, Perusahaan sosial yang menggabungkan keberlanjutan dengan pemberdayaan perempuan marginal dan pengungsi.


Didirikan pada tahun 2019 oleh Tamara Wu, Karen dan Sharon memiliki misi memberdayakan perempuan marginal dan pengungsi di Indonesia melalui pelatihan menjahit dan pembuatan produk. Terdapat lebih dari 200 pengungsi dari negara-negara Timur Tengah dan Afrika yang berlokasi di Serpong, liberty society memberikan perlindungan dan penghidupan bagi mereka.


Rumah Produksi Liberty Society dinamakan dengan “House Of Freedom”, disana menyediakan pelatihan menjahit serta bahasa, seni, dan kelas pengayaan lainnya untuk perempuan dan anak-anak mereka. Sumber daya lain yang disediakan adalah distribusi makanan, lokakarya pendidikan serta pertemuan komunitas untuk membina komunitas. Model pelatihan-untuk-ketenagakerjaan yang berarti bagi mereka menempatkan setiap perempuan pada jalur untuk mendapatkan upah yang layak dan menjadi produktif setidaknya 40 jam seminggu.



10% dari keuntungan mereka diinvestasikan ke dalam “House Of Freedom” yang mendukung peserta pelatihan perempuan pengungsi sehingga mereka dapat terus belajar dan berkreasi. Mereka memberikan kembali tujuan dan martabat bagi pengungsi dan komunitas yang kurang beruntung, untuk meningkatkan pendapatan dan penghidupan mereka secara keseluruhan.


Tidak hanya memberikan dampak baik terhadap sosial, Liberty Society memberikan dampak baik juga terhadap lingkungan menyediakan jasa upcycling untuk mendorong ekonomi sirkular, dengan mendaur ulang imbah industri tekstil & plastik menjadi produk baru yang fungsional dan bernilai tambah, jasa ini melibatkan brainstorming ide dan diskusi desain produk untuk mengubah sampah menjadi barang fungsional.


Pada pembuatan produknya Liberty Society menggunakan bahan eco friendly. Kain yang digunakan dalam produk fashion Liberty Society kain bersertifikat Tencel atau Lenzing dan Katun Bambu. selain itu mereka juga memastikan kain perca atau limbah kain dari produksi dimanfaatkan kembali untuk pelatihan oleh anggota.


Tidak hanya itu kemasan yang digunakan untuk pengiriman menggunakan kantong singkong untuk menutup setiap barang, Kemasan ramah lingkungan ini dapat dijadikan kompos dan menjadi pupuk bagi tanaman dan menggunakan card boxes untuk pengiriman, sehingga meminimalkan sampah plastik.


Mereka juga berkolaborasi dengan pengrajin lokal untuk pembuatan produk Gifts by Liberty Society dan perusahaan ternama untuk bisa menyampaikan pesan mereka lebih luas tentang pemberdayaan perempuan serta menyelamatkan lingkungan melalui produksi produk yang ramah lingkungan.



Liberty Society telah berkolaborasi dengan Perusahaan seperti CIMB Niaga dengan memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana mengubah sampah sehari-hari menjadi produk sehari-hari, selaras dengan nilai keberlanjutan melalui pertemuan tahunan “The Cooler Earth”.

Lalu dengan Uniqlo Indonesia mereka berkolaborasi untuk mengubah sisa potongan denim menjadi aksesori daur ulang yang baru. dan mereka berhasil membuat tempat kartu dan kantong daur ulang dari potongannya. Kolaborasi ini sekaligus mempromosikan fesyen berkelanjutan dan pemberdayaan perempuan melalui keterlibatan para pembuatnya. Liberty Society bekerja sama dengan komunitas pengungsi di Indonesia dan memberikan mereka pelatihan yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif.


Masih banyak lagi Kolaborasi yang dilakukan oleh Liberty Society kalian bisa cek disini.


Bisnis yang menggabungkan keberlanjutan dengan pemberdayaan perempuan marjinal merupakan contoh bagaimana bisnis dapat berperan sebagai agen perubahan positif. mereka membuktikan bahwa dapat mencapai keberlanjutan lingkungan sambil memberikan manfaat sosial yang signifikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama perempuan marjinal dan pengungsi.


Yuk dukung inspirasi positif Liberty Society! untuk informasi lebih lengkap kunjungi website dan follow instagram mereka ya!


Sumber :







8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page