top of page

Aguna Official: Solusi Produk Pembersih Alami dari Buah Lerak


Lerak atau yang biasa disebut soap berries atau soapnuts adalah buah yang bentuknya mirip seperti kacang walnut dan tumbuh di pohon yang tingginya mencapai 10 meter. Indonesia kaya sekali dengan tanaman ini karena tanah dan iklimnya.


Biji buah ini mengandung saponin, senyawa yang dapat menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci. Lerak dikenal karena biasa digunakan sebagai bahan pencuci tradisional pada industri batik, padahal sebenarnya buah ini punya kegunaan yang jauh lebih banyak dari itu loh. 



Seperti yang dilakukan oleh Aguna Official, sejak 2021 mereka memanfaatkan lerak menjadi produk pembersih alami. Menurut Maria, founder dari Aguna, batik tulis yang berkualitas saja pakai sabun lerak untuk menjaga kualitasnya, nah kalau dipakai untuk baju sehari-hari pasti bagus juga manfaatnya kan!


Selain itu, sabun lerak juga bisa jadi solusi pengganti deterjen konvensional. Limbah detergen menjadi ancaman yang cukup serius terkait pencemaran air. Kandungan kimia berbahaya yang terkandung dapat merusak kualitas air, senyawa kimia pada deterjen yang sangat sulit terurai secara organik juga dapat membunuh bakteri pengurai yang terdapat dalam air. Jika bakteri pengurai mati, berbagai zat polutan yang masuk ke air tidak dapat diproses secara alami dan dapat meracuni biota air. Akibatnya, beragam biota akan keracunan hingga mengalami kematian. Pencemaran limbah deterjen juga menyebabkan eutrofikasi, yaitu kondisi yang mengakibatkan pertumbuhan eceng gondok tidak terkendali. Hal ini dapat mengurangi kadar oksigen dalam air dan merusak ekosistem.



Sabun dari buah lerak adalah sabun yang ramah lingkungan karena kandungannya 100% alami berasal dari ekstrak buah lerak. Buah lerak menghasilkan busa dari saponin yang dikandungnya, bukan dari bahan kimia buatan. Aguna saat ini punya 2 jenis produk yaitu Aguna sabun lerak cair dan sabun lerak padat atau Aguna Multipurpose Soap Nut Bar.


Sabun lerak memiliki banyak keunggulan yaitu dapat menjaga kualitas bahan dan ketahanan warna sehingga tidak mudah rusak, hypoallergenic dan juga lebih lembut di tangan. Selain untuk mencuci pakaian sabun lerak juga bisa digunakan untuk mencuci piring, mengepel lantai, mengelap kaca, bahkan bisa digunakan untuk rambut, muka dan memandikan hewan peliharaan. Praktis kan, satu produk bisa multifungsi!



Buah Lerak punya aroma yang khas, namun mungkin akan terasa asing di hidung kita, karena itu Aguna menggunakan essential oil untuk memberikan aroma wewangian yang familiar untuk. Aguna Sabun Lerak saat ini tersedia aroma jeruk dan sereh yang berasal dari 100% bahan alami, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai baunya. 


Cara penggunaannya juga sederhana kok, cukup campurkan Aguna Sabun Lerak cair dengan air secukupnya, kamu langsung bisa gunakan sesuai kebutuhan. Dan karena busanya sedikit, kamu bisa lebih hemat air saat mencuci, cukup 1x bilas busanya sudah luruh.


Kamu bisa order Aguna Sabun Lerak via Tokopedia dan Shopee. Oh iya, Aguna Official juga menyediakan jasa refill untuk area tertentu, info lengkapnya bisa kamu simak di Instagram @aguna.official yaa! Yuk beralih ke produk pembersih alami!


34 tampilan0 komentar
bottom of page