top of page

Alner, Start-up Guna Ulang Asal Indonesia Siap Didukung Unilever


(contoh kemasan guna ulang yang nantinya akan digunakan oleh konsumen jika konsumen tidak membawa wadahnya sendiri)


Simak yuk, kabar baik dari Alner, salah satu start-up #CuanLestari yang oke di Indonesia!


Alner, start-up yang menyediakan sistem kemasan guna ulang untuk produk-produk konsumsi berhasil memperoleh dana hibah dari TRANSFORM. TRANSFORM sendiri merupakan gabungan dari berbagai perusahaan, donor, investor, dan akademisi untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang berfokus pada impacting business, mencakup usaha berwawasan lingkungan, ramah sosial, mengedepankan kesehatan dan kesejahteraan sekaligus ekonomi inklusif termasuk bagi keluarga berpenghasilan rendah. TRANSFORM sendiri dipimpin oleh Unilever, UK’s Foreign, Commonwealth and Development Office dan EY.


Penghargaan ini dimaksudkan sebagai bukti nyata karena Alner adalah pelopor bisnis kemasan guna ulang di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, masalah sampah kemasan sekali pakai sudah sangat krusial, mendorong kita semua untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih berkelanjutan. Cara yang paling signifikan untuk meminimalkan jumlah potensi sampah sekali pakai di masa depan adalah guna ulang seperti yang dilakukan Alner. Alner telah mengurangi lebih dari 1.300 kg sampah plastik di Indonesia atas kontribusi dari lebih dari 150 mitra guna ulangnya yang dipimpin oleh perempuan.



(media gathering bersama Unilever, Alner, dan perwakilan bank sampah)


Inisiatif yang didanai TRANSFORM ini menyasar stasiun isi ulang yang ada di bisnis-bisnis berbasis komunitas dan konvensional, misalnya warung dan bank sampah. Kedua bisnis tersebut sudah sangat umum digunakan masyarakat menengah ke bawah. Nantinya, pembeli bisa membeli tiga produk Unilever, yaitu Sunlight Professional, Rinso Professional, dan Wipol Professional dengan menggunakan wadah miliknya sendiri atau yang disediakan oleh Alner.


Melalui inisiatif bersama TRANSFORM ini, Alner berharap dapat lebih banyak memberdayakan usaha mikro sekaligus meningkatkan titik penjualan hingga 500 titik penjualan di tahun 2023. Sebelumnya pada tahun 2021 dan 2022, Alner telah memberdayakan micro-entrepreneur di sebanyak 150 titik di Jabodetabek. Bisnis-bisnis #Cuanlestari macem Alner gini nih yang mesti kita dukung terus untuk mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan.


Di sisi lain, Unilever sendiri ingin terus mendorong insiatif pengelolaan sampah plastik yang bertanggung jawab, salah satunya dngan memperbanyak model bisnis refill station, sambil melakukan percepatan komitmen untuk memproses lebih banyak kemasan plastik yang sudah dijual.


Kira-kira kamu tertarik ga untuk mulai beralih ke produk kemasan pakai ulang seperti ini? Share di komen yah!

96 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page