top of page

Ampas Kopi, Buang Atau Gunakan?

Diperbarui: 11 Des 2023

Sumber : canva


Sekarang makin banyak dari kita yang suka minum kopi dengan cara membuatnya sendiri di rumah, atau bahkan di kantor. Mendengar tentang ampas kopi, kebanyakan dari kalian mungkin langsung berfikir bahwa itu merupakan sampah yang tidak berguna. Padahal ternyata ampas kopi punya banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat dari bubuk kopi bekas pakai:


Pupuk 

Ampas kopi merupakan tambahan yang bagus untuk campuran pembuatan pupuk kompos, karena kaya akan kandungan bahan organik yang terbukti membuat tanah menjadi subur. Kandungan asam dalam ampas kopi juga disukai beberapa jenis tanaman sayur dan umbi-umbian seperti wortel, kentang dan bit. Bukan hanya mampu menyuburkan tanah, menambahkan ampas kopi pada kompos juga akan menghindarkan tanaman anda dari gangguan kotoran anjing atau kucing, karena biasanya mereka akan menghindari tanah yang berbau kopi. 



Kecantikan 

Kopi diyakini sebagai minuman kesehatan. Citarasanya yang kompleks itu muncul dari kandungan asam organik yang merupakan antioksidan alami. Bubuk kopi bekas masih mempertahankan kandungan asam tersebut, sehingga tetap memiliki khasiat, terutama untuk pengelupasan sel-sel kulit mati. Khasiat kopi yang bagus untuk kecantikan ini membuat salah satu brand lokal, Sensatia Botanicals berkolaborasi dengan salah satu brand kopi lokal, Tanamera Coffee untuk membuat body scrub yang berasal dari biji kopi daur ulang. Tapiiiii, alih-alih mengeluarkan uang lebih untuk pindah menggunakan krim perawatan wajah dan rambut yang lebih mahal atau membeli lulur badan dengan harga yang cukup mahal, campuran bubuk kopi bekas ke dalam krim wajah, lulur, ataupun kondisioner yang sehari-hari kalian pakai ternyata bisa menambahkan khasiatnya loh. Jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter kulit kalau kamu punya alergi tertentu atau kulitmu sensitif yaaa.  

 


Menghilangkan Bau.  

Manfaat kopi yang satu ini, rasanya sudah banyak diketahui orang banyak. Kopi adalah pewangi alami yang bisa menyegarkan udara. Sama seperti bubuk kopi baru, ampas kopi juga memiliki khasiat yang sama. Dilansir dari barriquestmarket.com, ampas kopi bisa meredakan bau di berbagai macam ruangan, termasuk di dalam freezer. Caranya dengan meletakkan ampas kopi dalam wadah yang tahan terhadap dingin dan freezer pun akan kembali segar. Selain itu, bila ingin menghilangkan bau dikamar mandi, kamar tidur, ataupun lemari sepatu kalian cukup siapkan sehelai kain yang diisi dengan ampas kopi secukupnya, lalu gantung atau letakkan di sudut ruangan, maka bau akan segera pergi. 


Setelah tau banyak manfaatnya, apa kalian masih tega membuang ampas kopi dengan sia-sia? Kalau minomic sih No! Atau kamu ada yang sudah pernah coba salah satu manfaat ampas kopi inii? Yuk cerita ke kitaa. 



Sumber : 


9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page