top of page

Banana And Trepan: Manfaatkan Seluruh Komponen Pisang jadi Cuan

Diperbarui: 12 Des 2023



Siapa sih yang tidak tau pisang? Buah yang identik dengan warna kuning ini ternyata merupakan buah tertua di dunia loh! Buah ini juga populer karena mudah ditemui dan punya banyak kandungan nutrisi.


Di negara tropis seperti Indonesia, buah pisang bisa ditemui dalam berbagai jenis varietas. Penanaman dan perawatannya yang tergolong mudah juga jadi alasan banyak orang menanam atau bahkan membudidayakan pohon pisang. Seperti yang dilakukan oleh warga di desa Trepan, Lamongan, Jawa Timur.


PT Petrokimia Gresik mengadakan program CSR, menggandeng Gapoktan (Gabungan kelompok tani) dan Pemuda Kreatif Trepan untuk membudidayakan pisang di kampung mereka. Mulai dari pembibitan, pembesaran hingga pengolahan dan distribusi aneka produk olahan pisang dilakukan sendiri oleh warga Trepan. Hingga kampung Trepan ini dikenal dengan sebutan ‘Kampung Pisang’.



Ketua Pemuda Kreatif Trepan, Amin, mengatakan bahwa kehidupannya saat ini dipenuhi oleh pisang. Warga Trepan memanfaatkan seluruh komponen pisang dari hulu ke hilir menjadi aneka produk olahan mulai dari makanan, cemilan, hingga produk fashion, rumah tangga dan aksesoris yang semuanya tentu saja terbuat dari komponen pohon pisang.



Buah pisang, dijadikan produk makanan seperti sambal pisang dengan 3 varian rasa yaitu sambal cumi, sambal ikan klotok, dan sambal ikan tongkol. Kemudian ada keripik pisang, brownies dan brownies chip pisang, serta semprong pisang. Ada juga olahan keripik dari pelepah pisang muda loh, ada yang sudah coba?


Nah kalau bagian pelepah tuanya gimana, jadi limbah dong? Eitss tentu di kampung pisang Trepan, limbah pelepah ini disulap jadi aneka produk unik, cantik dan fashionable oleh Ibana Craft. Ibana Craft, bagian dari Pemuda Kreatif Trepan membuat beragam produk, diantaranya ada tas, goodie bag, topi, keranjang, tempat tissue dan sandal yang semuanya punya motif alami dan unik dari pelepah pisang. 



Aneka produk olahan dari komponen pisang dari desa Trepan sudah dipasarkan hingga hingga ke Bogor dan Denpasar loh. Kalau kamu tertarik untuk beli produknya, kamu bisa hubungi langsung ke Instagram @banana.trepan ya! Kalau kamu tertarik untuk berkunjung kesana, Kampung Pisang Trepan juga ada wisata edukasi loh! Mulai dari edukasi penanaman pisang, edukasi kerajinan pelepah pisang, dan edukasi makanan minuman yang terbuat dari pisang. Lengkap deh dan semua tentu tentang pisang!

12 tampilan0 komentar
bottom of page