top of page

Aruna Indonesia: Bikin Nelayan Sejahtera sambil Jagain Laut

Diperbarui: 7 Des 2023




Apa yang terlintas dalam pikiran kamu tentang kehidupan masyarakat pesisir? Pasti sebagian besar dari kita akan terbayang profesi masyarakat pesisir yang didominasi oleh nelayan dengan rutinitas menangkap ikan dan langsung menjual hasil tangkapannya ke tempat penampungan ikan. Hasil tangkapan ini biasanya langsung dibeli secara grosir oleh para distributor maupun dibeli secara eceran oleh konsumen. Harga yang dibandrol biasanya lebih murah sehingga banyak yang membeli ikan langsung dari nelayan dibandingkan membeli ikan di pasar. Namun pernahkah kamu memikirkan tentang kesejahteraan para nelayan?


Dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari 70% lautan hingga dijuluki negara maritim, diharapkan akan membantu perekonomian masyarakat pesisir dan sekitarnya. Tapi sayangnya, kehidupan masyarakat pesisir di Indonesia dinilai kurang sejahtera. Bahkan menurut data BPS tahun 2021, masyarakat maritim menyumbang kemiskinan sebesar 25%. Sungguh ironis mengingat Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan laut yang sangat melimpah justru kurang menjamin kesejahteraan masyarakat yang tinggal di area pesisir.


Dari realita tersebut timbulah sebuah ide untuk membangun sebuah startup di bidang maritim dengan tujuan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. Ide ini datang dari Utari Octavianty, co-founder dari Aruna Indonesia. Utari sadar dan mengalami secara langsung realita yang menimpa masyarakat pesisir karena Utari lahir di Kampung Baru, sebuah kampung nelayan di Kalimantan Timur. Lahir di kampung nelayan membuat ia tergerak untuk mengubah industri maritim di Indonesia melalui Aruna.



Aruna Indonesia adalah Indonesia's largest integrated fisheries commerce sebuah startup yang punya misi untuk mengembangkan perekonomian masyarakat pesisir dengan menciptakan perdagangan perikanan laut yang adil dan transparan melalui inovasi teknologi. Aruna mempunyai visi yang sangat mulia yaitu untuk menjadikan Indonesia menjadi pusat ekonomi maritim dunia pada tahun 2045.

Aruna Indonesia didirikan di tahun 2016 oleh Utari dan kedua sahabatnya Indarka dan Farid. Aruna memulai usahanya dengan menghubungkan nelayan ke market yang lebih besar seperti negara Jepang, Amerika, Singapura, China dan negara lainnya. Hingga tahun 2023, Aruna Indonesia sudah menaungi kurang lebih 40.000 nelayan.


Aruna mendirikan Aruna Hub pertamanya di Balikpapan, Kalimantan Timur pada tahun 2017 dan di tahun yang sama Aruna memulai penjualan ke tiga kota dan melakukan ekspor pertama. Pada tahun 2018 Aruna mendapatkan penghargaan di Asean ICT Awards 2018 sebagai peraih medali emas. Lalu pada tahun 2019 Aruna memenangkan The Most Social Impact Startup di kawasan ASEAN oleh NUS dan Alipay.

Aruna Indonesia bekerja sama dan memberdayakan para nelayan di Indonesia untuk dapat menghasilkan tangkapan ikan dengan cara-cara yang ramah lingkungan. Beberapa pelatihan yang diberikan seperti apartemen rajungan dan perikanan berkelanjutan dengan menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Pelatihan ini menjadi tempat bertukar wawasan dan pastinya bersertifikasi. Aruna juga memangkas rantai pasokan hingga penghasilan nelayan binaan mereka bisa meningkat dengan signifikan.

Aruna menyediakan layanan untuk pembelian secara grosir bagi perusahaan maupun untuk konsumsi pribadi melalui website https://seafoodbyaruna.com/.


Kamu bisa dengarkan episode podcast Cleanomic bersama Aruna di Cleanomic Radio untuk cari tau informasi selengkapnya mengenai Aruna Indonesia yaa. Di obrolan ini Utari juga membagikan langkah yang bisa kita lakukan untuk mendukung perekonomian biru di Indonesia dengan mengenal sustainable fishing, mencari data ikan mana yang over fishing agar tidak merusak ekosistem laut, dan banyak lagi pengetahuan maritim yang bisa kita pelajari!

Yuk dukung Aruna Indonesia memajukan industri maritim Indonesia dengan follow Instagram, Youtube, dan media sosial Aruna lainnya, sekaligus untuk update info menarik seputar maritim Indonesia dan dunia!


Contact

Aruna Indonesia

Lokasi : Jakarta

114 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Bình luận


bottom of page