top of page

Danone : Bisnis Lestari dan Pentingnya Memahami Komitmen Iklim

Diperbarui: 7 Des 2023



Peran perusahaan dalam memerangi krisis iklim tentunya penting banget, karena bagaimanapun perusahaan ini pasti berkontribusi terhadap jejak karbon sepanjang siklus rantai pasok produknya. Dalam salah satu episode podcast kolaborasi Cleanomic dengan Yayasan Madani Berkelanjutan, kita ngobrol bareng Mba Ratih, Head of Water and Stewardship of Danone Indonesia mengenai pentingnya memahami komitmen iklim.

Kalian sudah tau dong, Danone Indonesia, multi national corporation yang skala operasional nya udah luar biasa besar sekali. Sebagai perusahaan yang punya ribuan stakeholder, visi dan misi #cuanlestari jadi penting banget kan sebenarnya, karena semakin besar perusahaan dan jangkauannya, semakin besar juga potensi dampak yang mereka bisa hasilkan terhadap iklim, lingkungan dan perekonomian pada umumnya.

Danone memiliki tujuan untuk menginspirasi praktik makan dan minum yang lebih sehat dan berkelanjutan sesuai dengan visi mereka, “One Planet, One Health". Visi ini mencerminkan keyakinan kuat bahwa kesehatan manusia dan kesehatan planet ini saling berhubungan. Visi ini juga yang menjadikan alasan terbentuknya departemen sustainability yang memayungi Divisi Climate and Water Stewardship. Secara ringkas, dari segi Climate, tujuan divisi ini adalah bagaimana bisa mengakselerasi bisnis Danone untuk mencapai target karbon netral di seluruh rantai pasok pada tahun 2050. Sedangkan untuk sisi Water-nya, Danone memiliki misi untuk mencapai positive water impact di 2030, dimana tujuannya adalah merestorasi air lebih banyak dari yang sudah digunakan.


Danone berkomitmen untuk menggunakan sumber daya yang ramah lingkungan, penerapan sustainability dalam kegiatan operasionalnya dan juga bergabung dalam forum-forum global untuk advokasi perubahan iklim. Mba Ratih menyampaikan, walaupun ada keuntungan finansial dari penerapan aspek sustainability ini, Danone tidak fokus untuk cost saving saja namun juga saving the planet. Sustainability sudah menjadi bagian dari company culture perusahaan ini dan selalu ada di heart of innovation, sambil memperhatikan mana aspek yang bisa dilekatkan di setiap inovasi yang ada. Danone memiliki misi bringing health through food, jadi Danone bukan jualan plastik, tapi memastikan hidrasi yang sehat dari berbagai sisi.


Danone sudah jadi contoh bahwa perusahaan juga bisa turut andil dalam inovasi berkelanjutan. Yuk dukung danone untuk terus berkomintmen melakukan hal tersebut salah satunya dengan menjadi konsumen yang bijak dan bertanggungjawab. Untuk tau cerita lengkapnya tentang bagaimana Danone menjalankan bisnisnya secara lestari dan inisiatif apa saja yang sudah dibuat yuk dengerin langsung podcast-nya di Cleanomic Radio!


Contact Danone Indonesia

Lokasi : Jakarta



189 tampilan0 komentar
bottom of page