top of page

C40 Knowledge Hub: Sumber Informasi dan Alat Praktis untuk Aksi Iklim


Ketika kita membicarakan tentang perubahan iklim dan tantangan yang terus berkembang, penting untuk memahami upaya yang dilakukan oleh kota-kota besar di seluruh dunia dalam mencapai keberlanjutan. Salah satu inisiatif yang mencolok dalam hal ini adalah C40 Knowledge Hub.


C40 Knowledge Hub adalah platform online yang menyediakan informasi dan alat praktis untuk membantu kota-kota di seluruh dunia mengambil tindakan iklim. Ini dirancang untuk setiap kota, terlepas dari keanggotaan C40. Dirancang untuk para praktisi kota, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik dengan solusi iklim, C40 Knowledge Hub berisi alasan untuk mengambil tindakan, langkah-langkah paling berdampak yang harus diambil, dan cara menerapkannya.


Tujuan utama Knowledge Hub adalah untuk membekali para praktisi dan pembuat kebijakan kota dengan informasi praktis dan alat yang mereka perlukan untuk mendorong aksi iklim secara lokal. Mereka mengidentifikasi pendekatan-pendekatan yang telah teruji, panduan praktis, serta wawasan dan pengalaman dari kota-kota yang telah menangani isu-isu iklim, dan mereka membagikannya dalam format yang dirancang agar dapat diakses dan dicerna.



Sebagian besar sumber daya dibuat oleh tim mereka secara khusus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kunci: mengapa, apa, dan bagaimana. Artikel-artikel di Knowledge Hub memuat alasan untuk mengambil tindakan, membuat profil langkah-langkah paling berdampak yang dapat diambil oleh kota, dan memandu kota untuk menerapkannya. Hub ini juga mengumpulkan sejumlah sumber daya praktis yang terus bertambah dan memberikan konteks untuk membantu pengambil keputusan dengan cepat memahami mengapa sumber daya tersebut relevan; hal ini berasal dari berbagai sumber, termasuk langsung dari pemerintah kota, pakar C40, dan organisasi lain termasuk LSM, lembaga pemikir, dan lembaga akademis.


C40 Knowledge Hub diluncurkan pada bulan Oktober 2019 untuk memberikan sumber informasi terpercaya kepada pejabat kota mengenai perencanaan dan implementasi aksi iklim perkotaan.


Untuk memastikan bahwa mereka menampilkan bukti-bukti tepat yang dapat ditindaklanjuti, C40 Knowledge Hub  mengumpulkan pejabat dan mantan pejabat kota, mitra LSM, dan pakar akademis yang bekerja di berbagai bidang terkait untuk memberikan saran mengenai jenis konten, dukungan, dan antarmuka yang disukai oleh para profesional kota. 


Hingga saat ini, lebih dari satu juta orang dari lebih dari 20.000 kota telah mengakses Hub. Lebih dari 80% pengguna kota yang disurvei melaporkan bahwa informasi yang mereka temukan di sini membantu mereka memajukan proyek di dalam negeri, baik itu mengintegrasikan ide baru ke dalam kebijakan atau program, menyajikannya kepada pengambil keputusan, menghubungi rekan atau pakar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. informasi, atau menyewa konsultan. 


Cara menggunakan platform ini sangat beragam, Jika ingin mencari panduan tentang masalah tertentu, kamu bisa memulai dengan menggalinya di Topic Library mereka, disana banyak topik-topik berkaitan dengan iklim.



Ataupun mencari key term dan kamu juga bisa menggunakan fitur filter untuk artikel-artikel mereka, kalian bisa juga mengakses di knowledge Library mereka. Jika kamu masih baru dalam aksi iklim,  1.5°C cities: The what, why and how of urban climate leadership akan memperkenalkan target-target utama, mengapa target-target tersebut penting dan dari mana asalnya, serta manfaat lokal dari aksi iklim, dan sektor serta tindakan yang perlu diprioritaskan oleh kota.


Kamu juga mendaftar untuk membuka fitur yang diperluas dan mengikuti topik. Untuk pembaruan rutin, kamu bisa daftar ke newsletter, yang dimana mereka menghighlights konten baru dan sering kali 'menghighlightsi' suatu tema. Dalam platform ini juga menyediakan setidaknya ada 15 bahasa.


C40 Knowledge Hub ini diisi dan dikelola oleh C40 Cities Climate Leadership Group.


Di seluruh dunia, C40 Cities menghubungkan 97 kota terbesar di dunia untuk mengambil tindakan berani terhadap perubahan iklim, memimpin jalan menuju masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan. Mewakili lebih dari 700 juta penduduk dan seperempat perekonomian global, wali kota kota-kota C40 berkomitmen untuk mewujudkan tujuan paling ambisius Perjanjian Paris di tingkat lokal, serta membersihkan udara yang kita hirup.


C40 Knowledge Hub adalah sumber daya yang berharga bagi kota-kota yang ingin mengambil tindakan iklim. Platform ini menyediakan informasi dan alat praktis yang dapat membantu kota-kota untuk meningkatkan kapasitas mereka, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kerja sama antar kota.


If u interesed to learn more about C40 Knowledge Hub, klik link ini ya!


Sumber 


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page